Dibekuk dalam Operasi Sikat Musi

OKU – Polsek Lubuk Batang berhasil mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan (curat). Tersangkanya adalah FW (22), seorang buruh yang merupakan warga Dusun I Desa Belatung, Kecamatan Lubuk Batang. Ia ditangkap pada operasi Sikat Musi 2020.

FW diamankan anggota Polsek Lubuk Batang. Foto: dok Polsek Lubuk Batang (*)

Kapolres OKU AKBP Arif H Ritonga, SIK. MH melalui Kapolsek Lubuk Batang Iptu Harianto menerangkan, pencurian tersebut terjadi pada 31 Agustus lalu. Hal ini dipertegas dengan surat laporan polisi LP/B/31/IX/2020/Sumsel/Res OKU/Sek Lubuk Batang, tanggal 4 September 2020.

Dalam laporan tersebut, korban pencurian adalah Merta Eka Syaputra (33) yang merupakan warga Dusun I, Desa Belatung, Kecamatan Lubuk Batang.

“Menurut keterangan korban, korban hendak mengisi bak mandi. Ketika ia mencolokkan kabel mesin air, mesin air tidak menyala. Ketika dicek, ternyata mesin air sudah tidak ada,” ucap Harianto.

Setelah itu, Merta melapor ke Polsek Lubuk Batang. Kemudian, polisi melakukan penyelidikan. Alhasil, pada Operasi Sikat Musi 2020, FW berhasil ditangkap polisi.

“Dari keterangan FW, ia mencuri mesin pompa air dengan memotong kabel dan pipa yang terpasang di mesin pompa air dengan sebilah pisau. Mesin pompa air tersebut ditempatkan di atas sumur rumah korban,” ungkapnya.

Harianto menambahkan, FW sudah diserahkan ke Polres OKU untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Sementara barang bukti pencurian masih di Polsek Lubuk Batang.

“Atas kejahatannya, FW dikenai pasal 363 Ayat (1) KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan,” pungkas Harianto. (lee)