PD Pasar Ancam Tarik Kios dan Los

Kios dan los di Pasar Sriwijaya yang tak difungsikan pemiliknya. PD Pasar OKU mengancam akan menarik kios dan los jika dalam tiga bulan mendatang kios dan los tidak difungsikan. Foto : Ist. (*)

OKU – Ratusan kios dan los di unit Pasar Sriwijaya terancam ditarik oleh Perusahaan Daerah (PD) Pasar OKU. Perumda Pasar OKU yang merupakan pengelola pasar akan menarik kios dan los tidak segera difungsikan oleh pedagang.

“Pedagang diberi waktu tiga bulan. Jika kios dan los tidak difungsikan (pemilik), maka akan ditarik PD Pasar,” tegas Direktur PD Pasar Malkomar Du’i melalui Kepala Unit Pasar Sriwijaya, Azuar Anas SE, kemarin (10/11).

Tidak hanya ditarik, sambung Azuar, los dan kios yang ditarik juga akan dialihkan ke calon pedagang yang siap memfungsikannya. “Saya mau pasar itu ramai pedagang dan pembeli, khususnya pada pagi hari,” tegasnya.

Pasar tradisional itu terdiri dari 289 unit kios dan 54 los. Namun, hingga saat ini hanya 38 kios dan 18 los yang aktif. “Sekitar 251 unit kios dan 36 los milik pedagang tidak difungsikan. Menurut informasi, pemilik tidak mengoperasikan kios dan los tersebut sejak pasar dibangun,” ungkap Azuar.

Sampai saat ini, pedagang ramai berdagang di dekat kantor unit pasar dan tepi jalan raya. Sementara di bagian tengah pasar masih sepi.

“Seharusnya semua los dan kios terisi pedagang. Sehingga calon pembeli tidak sulit mencari barang yang diperlukan. Dulu alasan selama ini kios dan los tidak difungsikan karena sepi pembeli. Tapi kondisi sekarang beda,” tandas Azuar. (stf)