Portal Jalan Dibuka Paksa

Foto: mustofa/oku ekspres. Beton pagar yang dipasang Dinas Perhubungan OKU awal Oktober lalu, dibuka oknum warga. Alhasil, banyak pengendara yang kembali masuk ke jalur depan RSUD. Padahal kondisi saat ini cukup berbahaya. Karena proses pembangunan rumah sakit masih berlangsung. (*)

BATURAJA TIMUR – Penutupan akses Jl M Hatta di depan RSUD Ibnu Sutowo dari arah jembatan Ogan 1 dan kantor Pos Baturaja hanya sementara. Namun portal dari beton road barrier dibuka paksa oleh oknum warga.
“Portal dibuka saat operasional crane pembangunan RSUD selesai. Mungkin tak lama lagi selesai,” ujar Kepala Dishub OKU Firmansyah melalui Kasi Lalulintas Jauhari, kemarin (4/11).
Penutupan akses jalan dari dua arah itu, dikatakan Firmansyah, untuk melindungi pengguna jalan yang melintasi Jl M Hatta di depan RSUD. Penutupan jalan ini juga untuk menghuindari material pembangunan RSUD yang jatuh ke jalan dan menimpa pengguna jalan.
“Portal ini dipasang sebagai pengaman agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan terhadap pengguna jalan. Kalau pembangunan sudah rampung, maka portal tersebut akan dibuka lagi,” tandasnya.
Pembukaan portal secara paksa di simpang Kantor Pos Baturaja sangat disayangkan Mozi, warga Cemara. Sebab, Dishub OKU sudah beberapa kali menutup akses jalan yang dibuka paksa warga.
“Pemerintah sudah mengantisipasi agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Tapi, ada saja oknum warga yang tidak sabar dan nekat membuka portal,” katanya.
Menurut Mozi, portal dibuka oknum warga saat libur panjang pekan lalu. Tidak hanya sekali ini, namun sudah berkali-kali.
“Bahkan saat portal dari pagar kayu, petugas sudah memperbaiki beberapa kali. Sampai dipasang pagar beton. Itupun masih digeser warga,” tandasnya. (stf)