Hindari Motor, Truk Elpiji Terguling

Truk pengangkut elpiji 3 kg terguling di jalan Baturaja-Prabumulih. Akibatnya ratusan tabung elpiji berserakan di jalan raya. Foto: herli yansah/oku ekspres. (*)

OKU – Sebuah kecelakaan tunggal terjadi di ruas jalan Baturaja – Prabumulih, kemarin (27/10) siang. Truk pengangkut elpiji 3 kg tersebut terguling di pinggir jalan perbatasan desa Lubuk Batang Baru dan desa Kurup, kecamatan Lubuk Batang. Akibatnya, ratusan tabung yang berisi elpiji tersebut tumpah ke jalan raya hingga menutupi sebagian jalan.

Hasan, sopir truk elpiji mengungkapkan, kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Saat itu, ia sedang melaju dari Prabumulih menuju Baturaja dengan muatan 560 tabung elpiji 3 kg.

“Saya baru pulang dari pengisian elpiji di Prabumulih. Awalnya saya konvoi bersama rekan. Ketika di jalan lurus ini, tiba-tiba dari arah belakang, ada pengendara motor mendahului mobil saya. Setelah berhasil menyalip mobil yang saya kemudikan, ternyata dari arah berlawanan ada mobil. Sehingga pengguna sepeda motor itu masuk jalur kiri tepat di dapan mobil yang saya kemudikan,” beber Hasan.

Ia melanjutkan, karena sepeda motor nyaris tertabrak truk yang ia kemudikan, ia banting setir ke kiri dan mengerem mendadak. Hal ini dilakukan untuk menghindari tabrakan dengan sepeda motor.

“Akibatnya, truk tak bisa dikendalikan dan keluar dari aspal hingga menabrak gundukan tanah di pinggir jalan dan terguling,” lanjutnya.

Hasan mengaku truk yang ia kemudikan merupakan mobil milik salah satu agen elpiji di kota Baturaja.

“Semua tabung berisi gas. Makanya saya khawatir sebab banyak warga yang menyaksikan kejadian ini sambil merokok,” tambahnya.

Meski terguling dan menyebabkan tabung elpiji tumpah ke badan jalan, namun Hasan tidak mengalami luka. Hanya truk saja yang ringsek di beberapa bagian lantaran terhempas ke aspal. (lee)