Kepala SMP Bersiap Terapkan AKM

Sekretaris Disdik OKU Alfarizi SE AK dan Kabid Pembinaan SMP M Darojatun SE ME saat menghadiri rapat MKKS di SMPN 2 OKU, kemarin (22/10) pagi. Foto: jeki/okuekspres. (*)

OKU – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menerapkan Assesmen Kompetisi Minimal (AKM) sebagai pengganti ujian nasional pada 2021 mendatang. Sebagai persiapan, MKKS SMP OKU mengadakan rapat di SMPN 2 OKU, kemarin (20/10) pagi.

Rapat ini juga dihadiri Kepala Disdik OKU H Teddy Meilwansyah S.STP MM yang diwakili Sekretaris Disdik OKU Alfarizi SE AK, Kabid Pembinaan SMP M. Darojatun SE ME, Ketua MKKS SMP OKU, dan seluruh kepala SMP se Kabupaten OKU.

“Meskipun dasar pelaksanaan AKM belum terbit, tetapi kepala sekolah harus mengetahui dan mempersiapkan diri. Dari apa yang disampaikan tentang AKM, kepala sekolah sudah punya gambaran apa yang perlu disiapkan. Sehingga tidak kebingungan saat akan diterapkan,” ungkap Sekretaris Disdik OKU Alfarizi SE AK.

Ia mengatakan, dalam hitungan bulan, siswa akan menghadapi AKM. “Sekolah harus mempersiapkan diri dengan baik. Mulai dari perangkat komputer hingga keperluan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua MKKS SMP Syaihon SPd MM mengatakan, pertemuan ini juga bertujuan untuk lebih memahami AKM. “Kita menjemput bola supaya pengetahuan awal bagi kepala sekolah untuk membahas AKM,” jelas Syaihon.

Setelah kepala sekolah mendapatkan pengetahuan yang memadai mengenai AKM, maka bisa diterapkan di sekolah masing – masing. “Yang sudah bisa diterapkan ya diterapkan. Yang masih menunggu petunjuk pemerintah, menunggu petunjuk. Pelaksanaan AKM memiliki beberapa tahap,” tegas Syaihon. (jr8)