Arus Lalin Dialihkan Sepekan

Ruas jalan poros di depan RSUD Ibnu Sutowo ditutup sementara. Kendaraan dari Ogan I maupun PT Pos Baturaja tujuan Bakung, dialihkan ke jalur depan Satlantas atau pertigaan Suska. Foto: Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Jalan di depan RSUD Ibnu Sutowo ditutup sejak dua hari lalu. Untuk sementara, penutupan jalan ini menggunakan beberapa buah spanduk. Spanduk yang terpasang menutupi badan jalan untuk menghalau kendaraan dari arah jembatan Ogan I dan Kantor Pos Baturaja.

“Penutupan jalan ini mulai dilakukan pada Rabu sore. Tapi pagi tadi (kemarin) sudah dibuka oleh oknum warga,” ujar seorang petugas Dishub OKU, kemarin (22/10).

Rencananya spanduk yang menutupi badan jalan tersebut akan diganti dengan road barrier atau pembatas jalan beton. Tujuannya agar oknum warga tidak bisa lagi membuka jalan tersebut dengan paksa.

Kepala Dishub OKU Firmansyah menjelaskan, penutupan jalan dan pengalihan arus lalu lintas (lalin) ini untuk mengamankan pembangunan gedung RSUD Ibnu Sutowo lantai lima. “Antisipasi kecelakaan bila crane ada masalah,” jelas Firman.

Penutupan jalan tersebut, sambung Firman, diperkirakan akan berlangsung selama satu minggu hingga akhir bulan inii. Artinya penutupan jalan dan pengalihan arus lalu lintas tidak permanen.

“Kalau aktifitas crane selesai, jalan tersebut akan dibuka kembali dan arus lalu lintas akan seperti semula. Keputusan ini merupakan hasil rapat antara kontraktor, Dishub OKU, dan Satlantas Polres OKU,” tandas Firman. Jika selama ini pengendara tujuan Bakung dari jembatan Ogan I dan Kantor Pos Baturaja bisa lewat depan RSUD, selama beberapa hari mendatang, pengendara harus memutar lewat depan Satlantas Polres OKU atau pertigaan Suska. (stf)