Kerusakan Sudah Diukur, Tapi Belum Diperbaiki

Perbaikan longsor di jalan desa Pusar ditanyakan warga. Terlebih tahun lalu, petugas sudah mengukur titik kerusakan sebagai bagian dari perbaikan. Foto : Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Jalan longsor di desa Pusar, kecamatan Baturaja Barat disoal warga. Pasalnya, kerusakan jalan provinsi itu sudah lama terjadi. Namun, belum ada perbaikan.

“Pernah ada yang mengukur di titik longsor. Tapi sampai sekarang belum ada yang datang lagi,” ujar Ujang, warga setempat, kemarin (15/10).

Dirinya menyebut sedikit keberuntungan. Pasalnya, hujan yang terjadi minggu lalu tidak ada longsoran baru. Padahal kondisi tanah jalan sudah labil. “Retakan besar sudah banyak, untungnya tidak longsor ke sungai. Tapi tidak menutup kemungkinan, akan terjadi longsor yang baru,” ungkapnya.

Sebenarnya, kondisi itu sudah lama dikhawatirkan warga. Bukan saja warga desa setempat, tapi juga warga yang melintas. “Saat jalan pada malam hari, saya memilih lewat jalan lintas (Jl Lintas Sumatera). Walaupun jarak semakin jauh, tapi lebih aman,” kata Jum, seorang sales rokok. Warga kelurahan Talang Jawa ini menyebutkan, selama ia melintas di jalan itu sejak empat tahun terakhir, belum ada perbaikan. “Dulu longsor masih jauh dari badan jalan. Kalau sekarang, badan jalan sudah longsor satu meter,” ungkapnya. (stf)