Ketinggian Air Capai Satu Meter

Banjir akibat hujan yang terjadi Rabu malam didominasi beberapa kawasan di kecamatan Baturaja Timur. Sementara di Sinar Peninjauan, hujan disertai angin menumbangkan pohon besar. Foto: Ist. (*)

OKU – Beberapa kawasan di kecamatan Baturaja Timur terendam banjir. Hujan yang mulai turun sekitar pukul 22.00 WIB, 7 Oktober lalu sangat deras dan berlangsung sepanjang malam.

Memang selama beberapa hari belakangan, selain suhu udara sangat panas, baik siang maupun malam, awan kelabu kerap menyelimuti. Namun, hujan justru baru turun pada 7 Oktober malam.

Camat Baturaja Timur Ogan Amrin menyebutkan, banjir terjadi kemarin berlangsung di kawasan rendah. Kawasan tersebut, kata Ogan, kerap menjadi tempat luapan air saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

“Banjir di tempat biasa. Seperti Kelurahan Sekarjaya (dekat pasar), Baturaja Permai, desa Terusan, dan kelurahan Sukajadi (RS Bungur),” ujar Ogan dibincangi saat meninjauan banjir di kelurahan Sekarjaya.

Banjir yang terjadi, kata dia, bersifat sementara. Pagi kemarin, di beberapa titik genangan air sudah mulai surut. Menurut dia, permukaan air ke pemukiman warga di beberapa kawasan bervariasi.

“Banjir mulai dari pukul 22.00 WIB sampai 01.00 WIB. Ketinggian air di setiap kawasan berbeda. Selain itu, BPBD OKU sudah meninjau lokasi banjir,” ungkapnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Amzar Kristopa juga  menyebutkan ketinggian air bervariasi di kawasan yang terendam banjir. Ketinggian permukaan air antara 80 cm – 100 cm. Antara pukul 09.00 WIB – 10.00 WIB kemarin, air sudah surut.

Sejauh ini pihaknya belum menerima laporan banjir dari kecamatan lain. Kendati kecamatan Lubuk Batang, Ulu Ogan, Muara Jaya serta Pengandonan, juga menjadi kawasan rawan banjir. “Semoga tidak terjadi banjir,” harapnya.