Kartu Tani Untungkan Petani

Kartu Tani BNI yang diluncurkan di OKU Timur pekan lalu. Foto: dok BNI (*)

OKU – Sejak diluncurkan di OKU Timur pada 27 September lalu, Kartu Tani yang merupakan program Kementerian Pertanian terus digencarkan Bank BNI.

Hal itu dilakukan demi mendukung program pemerintah yang dilimpahkan ke Dinas Pertanian untuk ikut memulihkan perekonomian petani.

Pada 2 Oktober lalu, Pemimpin Cabang Bank BNI Baturaja Teddy Purwoko telah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Tanaman  Pangan dan Holtikultura OKU terkait penyaluran Kartu Tani untuk petani di Kabupaten OKU.

Teddy mengatakan, sampai saat ini belum ada Kartu Tani yang disalurkan di Kabupaten OKU meskipun Kartu Tani tersebut sudah ada di Bank BNI Baturaja.

“Untuk penyaluran di Kabupaten OKU masih menunggu instruksi dari Dinas Pertanian Tanaman  Pangan dan Holtikultura OKU. Insya Allah, dalam waktu dekat akan disalurkan,” kata Teddy.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya telah memegang lebih dari 13 ribu Kartu Tani yang siap disalurkan. “Yang sudah disalurkan di OKU Timur sebanyak 1200 kartu,” tambahnya.

Teddy juga menjelaskan, banyak manfaat yang didapat oleh petani dengan menggunakan Kartu Tani. “Salah satunya adalah petani dapat membeli pupuk bersubsidi. Langkah seperti ini juga efektif dalam menyalurkan pupuk bersubsidi tepat sasaran dan tepat harga,” jelasnya.

Selain itu, sambung Teddy, jika petani tidak memiliki modal untuk membeli pupuk bersubsidi, Bank BNI bisa memberi pinjaman modal kepada petani. “Kan ada KUR Tani BNI. nanti bisa kita bantu dengan program ini. Saldo Kartu Tani diisi dengan KUR BNI dengan sistem pembayaran cicilan setelah masa panen,” pungkasnya. (lee)