APK Dalam Proses Lelang

OKU – Kendati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) OKU telah memasuki tahapan kampanye, namun sampai saat ini belum terlihat Alat Peraga Kampanye (APK) pasangan calon berseliweran di Kabupaten OKU.

Seperti diungkapkan Mimin, warga Kecamatan Lengkiti. Dirinya merasa heran belum ada baliho pasangan calon di Kecamatan Lengkiti. “Belum ada APK yang terpasang,” ucap Mimin.

Biasanya, lanjut Mimin, memasuki musim kampanye, entah itu Pemilihan Legislatif, Pemilihan Presiden, Pemilihan Gubernur, sudah bertaburan baliho ataupun banner. “Silahkan lihat sendiri di Kecamatan kami (Lengkiti), bersih baliho,” ungkap Mimin.

Ketua KPU OKU Naning Wijaya mengungkapkan, masa kampanye dimulai 26 September sampai 5 Desember mendatang. APK paslon yang difasilitasi KPU OKU masih dalam proses lelang.

“Spesimen (contoh) foto paslon sudah kita dapat. Sekarang APK yang dicetak KPU lagi bergulir. Dalam proses lelang,” ucap Naning.

Diterangkan Naning, APK yang dicetak KPU OKU yakni 5 baliho untuk 1 kabupaten, 20 umbul – umbul tiap per kecamatan, di setiap desa 2 spanduk serta memasang billboard paslon. “Untuk bahan kampanye berupa liflet, pamflet dan poster, kita cetak sejumlah KK,” terang Naning.

Ditambahkan Naning, setelah APK selesai dicetak, APK tersebut nantinya diserahkan ke paslon. Silahkan paslon memasang di titik – titik pemasangan yang telah ditentukan. “Paslon boleh cetak sendiri APK, sebanyak 200 persen dari yang dicetak KPU,” pungkas Naning. (bet)