Lebih Asyik Nongkrong di Warkop Ketimbang Cari Kerja

Mencari kerja yang cocok memang susah. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang. Tapi, hal itu bukan menjadi sebuah alasan untuk tidak mencari kerja agar kebutuhan sehari-hari dapat tercukupi. Jangan seperti Donwori, 40, yang bisanya hanya minta cadong ke Karin, 39.

Grafis: fajar krisna

Ginanjar Elyas Saputra-Wartawan Radar Surabaya

Bukannya cari kerja agar mendapat penghasilan untuk mencukupi kebutuhan rumah tangganya, Donwori malah malas-malasan di rumah. Sudah seminggu terakhir, pria dengan rambut belah tengah itu ganggur. Ditambah sekarang pandemi, semakin sulit mencari pekerjaan.

Karin sebagai seorang istri merasa keberatan kalau hanya mengandalkan uang gaji yang tidak seberapa dari hasil keringatnya sebagai karyawan toko. “Nggak cukup kalau saya kerja sendiri, gajinya cuma bisa buat makan saja. Kebutuhan rumah tangga lainnya kadang keteteran,” ujar Karin.

Sementara itu, Donwori hanya bisa minta uang ke istrinya. Kalau uang tersebut untuk hal yang bermanfaat, Karin sih tidak masalah. Akan tetapi Donwori minta uang ke istri hanya untuk nongkrong di warkop, ngopi sambil ngudut. Alasannya ke warkop mau numpang WIFI untuk cari pekerjaan di internet. Tapi usaha itu hingga kini tidak juga membuahkan hasil.