Bupati Resmikan Ponpes Raudhatul Qur’an

Peletakan batu pertama pembangunan TK/PAUD RaudhaTul Qur'an oleh Bupati OKU Kuryana Azis. Foto: Herli Yansah/Oku Ekspres. (*)

OKU – Bupati OKI Drs. H. Kuryana Azis, kemarin (22/9) meresmikan pondok pesantren (ponpes) Raudhatul Qur’an. Selain itu, Kuryana juga memulai pembangunan TK/PAUD Raudatul Qur’an di Talang Lebai, dusun 7, desa Gunung Meraksa, kecamatan Lubuk Batang. Pembangunan TK/PAUD ini ditandai dengan peletakan bantu pertama.

Selain Bupati, acara tersebut juga dihadiri Sekretaris Disdik OKU Alfarizi; Kepala Dinas PU Perkim OKU Ir Ulia Mahdi; anggota DPRD OKU Yolandre Pratama (Gerindra); Fahrudin (PPP); Rudi Hartono, Asmunandar (Nasdem); kades Gunung Meraksa Dahlan; Ketua Yayasan Raudhatul Qur’an Sarjono; Pemimpin Ponpes Raudhatul Qur’an Ust Ngadino Al Jaelani; Camat Lubuk Batang Helni Purnanengsih SE; Kapolsek Lubuk Batang Iptu Harianto; Koramil, KUA Lubuk Batang, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam kata sambutannya, Kades Gunung Meraksa Dahlan berterima kasih karena Bupati OKU bersedia meresmikan pondok pesantren Raudhatul Qur’an. “Salah satu usulan kita yang diperhatikan Bupati OKU adalah pembangunan TK/PAUD. Alhamdulillah, kami ucapkan terima kasih,” kata Dahlan.

Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Raudhatul Qur’an Ustadz Ngadino Al Jaelani menceritakan pembangunan ponpes ini karena biaya masuk ponpes di daerah lain cukup mahal.

*Oleh karena itu, kami merintis ponpes ini agar masyarakat yang kurang mampu, anak yatim, serta kaum dhuafa bisa mendapatkan pendidikan yang sama dengan tanpa memikirkan biaya. Saat ini santri kita sebanyak 40 orang. Itu jumlah yang mondok, ditambah lagi dengan santri yang pulang pergi ada sekitar 50 orang,” kata Ust Jaelani.

Dikatakannya, walau baru berdiri, namun santri sudah mampu bersaing dengan santri daerah lain. “Ini terbukti dari lomba yang diikuti baik tingkat lokal hingga tingkat ASEAN. Bahkan sudah ada yang bisa membawa pulang medali emas dan mengharumkan nama Kabupaten OKU,” tambahnya.

Bupati OKU Drs H Kuryana Azis mengetahui sejarah ponpes Raudhatul Qur’an di desa Gunung Meraksa tersebut. “Awalnya mereka (pengelola) minta bantuan material untuk pembangunan ponpes. Maka saya anjurkan untuk membuat usulan ke Pemerintah Kabupaten OKU. Alhamdulillah dikabulkan dengan dana hampir Rp200 juta untuk pembangunan pondok pesantren ini,” ucap Kuryana.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten OKU juga akan membangun TK/PAUD dalam waktu dekat. “Saya berjanji, untuk jalan menuju ponpes ini akan diaspal. Kita minta juga Kankemenag OKU untuk menerbitkan surat izin operasional ponpes, tentunya dengan persyaratan yang harus dilengkapi,” pungkasnya. (adv/lee)