Berhasil Renovasi 1.500 Unit Rumah

Bupati OKU H Kuryana Azis dan rombongan mengecek rumah penerima bantuan. Foto: gunawan/oku ekspres. (*)

OKU – Bupati OKU H Kuryana Azis menghadiri sosialisasi program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2020. Sosialisasi ini diadakan di balai desa Lubuk Banjar, kecamatan Lubuk Raja.

Sosialisasi BSPS ini dihadiri oleh anggota DPRD OKU dapil Lubuk Raja, Danramil Baturaja, seluruh pejabat dan warga yang mendapatkan bantuan BSPS.

Sebanyak 200 rumah di kecamatan Lubuk Raja mendaptkan bantuan BSPS. Dalam pertemuan tersebut, penerima bantuan mendapat penjelasan. “Harus memiliki surat kepemilikan rumah, berpenghasilan rendah, bentuk dari bagian rumah. Bantuan ini berasal dari APBN,” ucap Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman OKU Ir H Ulia Mahdi.

Program BSPS ini dikelola Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Setelah sosialisasi, penerima bantuan akan menerima dana melalui rekening penerima.

Syeila Nadira Ikhwan ST, perwakilan balai Penyediaan Rumah Sumatra V menyebutkan, dari 7.200 bantuan di Sumatra Selatan, Kabupaten OKU mendapat 200 bantuan di tiga desa di kecamatan Lubuk Raja.

Sementara itu, Bupati OKU H kuryana Azis mengatakan, pemerintah akan menuntaskan 1.000 rumah tidak layak huni selama 5 tahun. “Namun sekarang sudah lebih dari 1.500 rumah yang berhasil direnovasi. Ini adalah perhatian pemerintah untuk membangun rumah yang tidak layak huni,” kata Kuryana.

Usai menyampaikan kata sambutan, Kuryana menyerahkan bantuan secara simbolis kepada penerima bantuan. Usai sosialisasi, Bupati OKU Kuryana Azis beserta rombongan meninjau rumah penerima bantuan yang akan diperbaiki. (gun)