Tak Bermasker, Pedagang Ditegur Kapolsek

Kapolsek Lubuk Batang menegur pedagang yang tidak menggunakan masker saat berjualan di pasar tradisional desa Kartamulya. Foto: Herli Yansah/Oku ekspres. (*)

OKU – Lima orang pedagang di desa Kertamulya kecamatan Lubuk Batang, ditegur Kapolsek Lubuk Batang, Iptu Harianto. Pasalnya, ke lima pedagang itu, kedapatan tidak menggunakan masker. Padahal, Pemerintah Kabupaten OKU sudah mengeluarkan Perbup no 52 tahun 2020 tentang pelanggar protokol kesehatan.

“Untuk di awal ini kita beri teguran lisan dulu. Namun jika nanti nya tidak diindahkan, akan diberikan teguran tertulis. Tapi, jika masih membandel, maka akan kita tindak dengan sanki denda hingga pencabutan izin lapak nya, ” tegas Kapolsek Lubuk Batang, Iptu Harianto, kemarin (17/9) seusai meninjau pasar tradisional di desa Kertamulya.

Kendati ada temuan tersebut, pihak tetap mengapresiasi kinerja pemerintah desa Kertamulya. Pasalnya, dari keseluruhan pedagang dan pengunjung yang bertransaksi di pasar, hampir semuanya sudah melaksanakan protokol kesehatan. Kecuali, lima pedagang tadi.

 “Artinya pelaksanaan protokol kesehatan di desa ini memang berjalan, ”  ujarnya.

Mengenai surat izin keramaian, dirinya menjelaskan hingga saat ini surat izin yang dimaksud, belum bisa dikeluarkan.

“Kalau surat izin keramaian tetap belum bisa dikeluarkan. Mengingat saat ini kasus covid – 19 masih terus berlangsung,” tandasnya.

Kades Kartamulya, Suandi menjelaskan, salah satu pusat keramaian di desanya adalah pasar tradisional itu.  Pihaknya selalu gencar sosialisasi di pasar tradisional ini.