50 Rumah Akan Dibedah

Salah satu rumah yang mendapatkan bantuan bedah rumah di desa Baturaden. Foto: ist. (*)

OKU – Desa Baturaden kecamatan Lubuk Raja mendapat bantuan dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman OKU, melalui program stimulan perumahan swadaya (BSPS) atau bedah rumah.

“Dapat bantuan bedah rumah untuk 50 rumah tak layak huni,“ ujar Kasi Kesra desa Baturaden, Agung Gunanto, kemarin (17/9). Sebelumnya bantuan serupa diterima desa Batumarta II.

Bantuan yang didapat, dikatakan Agung merupakan realisasi pengajuan proposal yang dilayangkan pemerintah desa. Namun hampir 100 unit rumah yang diajukan, yang terealisasi hanya 50 unit rumah.

“Hanya 50 rumah yang masuk kategori tak layak huni. Hal ini sudah melalui survey lapangan, serta sosialisasi ke penerima bantuan. Saat ini tinggal menunggu realisasinya,“ ungkapnya.

Bantuan berupa dana peningkatan kualitas rumah yang akan diterima senilai Rp 17,5 juta. Bantuan tersebut nantinya digunakan untuk pembelian bahan material bangunan Rp 15 juta, dan pembayaran upah tukang sebesar Rp 2,5 juta.

“Jadi masyarakat tidak menerima uang tunai. Hanya menerima material, untuk pelaksanaannya saja belum tahu kapan dilaksanakan, tinggal menunggu pemberitahuan dari Dinas Perumahan. Bantuan tersebut tersebar di seluruh desa Baturaden,“ Tandasnya.

Pengerjaan sendiri dilakukan swadaya masyarakat lingkungan yang diharapkan.

“Semoga berjalan lancar dan partisipasi masyarakat tinggi. Untuk katagori yang mendapatkan rumah bedah, berdasarkan pengamatan desa dan pengajuan kriteria rumah tidak layak huni yang status lahan milik sendiri,“ pungkasnya. (gun)