Hujan Deras, Pohon Tumbang

Warga bergotong-royong menyingkirkan pohon tumbang di tengah jalan. Foto: ist. (*)

OKU – Hujan deras yang terjadi dua hari lalu mengakibatkan sebuah pohon karet tumbang. Pohon tersebut menutupi jalan penghubung antar dusun. Petani yang akan pergi untuk bertani di kebun yang melintasi jalan tersebut harus menghentikan laju kendaraannya karena tidak bisa melintas.

Salah seorang petani, Indra mengatakan, perjalanannya ke kebun harus tertunda karena jalan yang ia lintasi tertutup pohon tumbang. “Pohon ini tumbang karena hujan pada malam sebelumnya. Pagi ini (kemarin) baru tahu ada pohon tumbang saat pergi ke kebun,” ucap Indra, warga desa Batumarta I.

Pohon karet yang tumbang ini menutupi jalan yang menghubungkan dusun Sumber Jaya dan dusun Bumi Patih Harjo, desa Batumarta I. Setelah tahu ada pohon tumbang, ia mengabarkan kepada warga sekitar untuk bersama-sama membersihkan pohon yang tumbang tersebut.

Setelah jalan dibersihkan dari pohon yang tumbang, warga langsung bisa melintasi jalan tersebut. “Jika hujan deras, memang sering terjadi pohon tumbang. Untuk itu, warga harus berhati-hati jika hujan turun atau hujan yang disertai angin,” pungkas Indra. (gun)