BST Tahap 6 Cair

KPM asal kecamatan Baturaja Timur mencairkan BST di Kantor Pos Baturaja. Kemarin (16/9) merupakan pencairan perdana bantuan tahap 6 yang bersumber dari Kemensos RI. Foto : Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Masyarakat kota Baturaja mendatangi Kantor Pos Baturaja, kemarin (16/9). Sejak pagi, masyarakat yang menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI mencairkan bantuannya.

Saat pencairan, Kantor Pos Baturaja menerapkan standar protokol kesehatan (protokes). Diantaranya, menggunakan masker, hand sanitizer, serta menjaga jarak penerima BST. “Saya sedang menunggu giliran karena harus jaga jarak,” ujar Indra, warga kelurahan Baturaja Permai.

BST yang dicairkan kemarin sangat diharapkannya. Terlebih pendapatan dari profesi ngojeknya semakin hari tidak jelas. “Tidak besar bantuan sekarang. Tapi sangat membantu,” ungkapnya.

Bantuan yang digelontorkan Kementerian Sosial (Kemensos) RI, dikatakan Kepala Kantor Pos Indonesia Baturaja Juhen Hendry, merupakan bantuan tahap 6 di tahun 2020. “KPM hanya menerima Rp 300 ribu. Karena pencairannya satu bulan,” ujar Juhen.

Jumlah bantuan yang digelontorkan di tahap 6 ini untuk 52.585 KPM untuk Kabupate OKU, OKU Timur, dan OKU Selatan. Dengan rincian, 20.460 KPM di OKU, OKU Selatan 6.548 KPM; dan OKU Timur 25.577 KPM.

“Target pencairan BST tahap VI ini rampung pada 25 September mendatang. Selanjutnya menunggu instruksi dari Kemensos RI,” tandasnya. (stf)