TTIC Hapus Biaya Distribusi

Sekda OKU Dr H A Tarmizi didampingi Kadin Ketahanan Pangan Ir Supri Yoni M, Si dan Kasi Harga Pangan DKPP Sumsel meresmikan TTIC OKU. Foto : Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Sekretaris Daerah OKU Dr H A Tarmizi meresmikan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) atau Pasar Mitra Tani. Selain itu, Tarmizi juga meresmikan Taman Botani Pangan dan bazar pangan yang digelar di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan OKU, kemarin (15/9).

TTIC, dikatakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan OKU Ir Supri Yono M Si, mulai dibangun pada 2019 silam. Namun peresmian operasionalnya baru bisa dilakukan tahun ini. “Fungsi TTIC untuk menampung dan pemasaran produk hasil pertanian lokal. Hal ini karena sering terjadi disparitas harga,” ujar Supri.

Kehadiran TTIC, jelas Supri, memotong jalur distribusi. Sehingga harga jual ke masyarakat lebih murah karena produk yang dijual di TTIC langsung dari petani.

“Distribusi produk tidak melalui pengepul atau distributor. Dengan begini disparitas harga tetap terjaga, daya beli masyarakat juga terjaga,” ungkapnya.

Sebagai pemasok pangan, TTIC menggandeng Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) serta Kelompok Wanita Tani (KWT) serta Bulog. Khusus untuk beras, pihaknya menyediakan beras jenis medium. “Harganya mengikuti HET (Harga Eceran Tertinggi) sesuai anjuran pemerintah,” sebutnya.

Dirinya juga menyebut, bakal menyiapkan armada khusus TTIC yang berfungsi menyuplai barang ke TTI di tingkat kecamatan. “Mobil itu untuk mendistirbusikan barang mengisi TTI di kecamatan,” imbuhnya.