Optimis Porang Bisa Dibudidayakan

Kades Sunda Ronzili menanam porang bersama Wakil Bupati OKU Johan Anuar. (*)

OKU – Menyikapi masalah pertanian yang tak kunjung berubah membuat Ronzili (Kades Sundan, kecamatan Lengkiti) tak ingin ketinggalan mengambil kesempatan. “Mengingat peluang masih  ada dan sangat dibutuhkan, sedangkan permintaan banyak namun pengadaan hanya terpenuhi sedikit setiap tahun,” sebut Ronzili saat menjelaskan alasan pemilihan porang sebagai tanaman masa depan di hadapan Wakil Bupati OKU Johan Anuar.

Pada kesempatan yang sangat spesial ini yaitu penamanan bibit porang perdana di desa Sundan dihadiri Wakil Bupati OKU Johan Anuar, pejabat pemerintah, dan tokoh masyarakat.

Kades Sundan Ronzili sebagai pelopor yang menanam porang pada lahan seluas 1,5 hektar mengatakan, penanaman porang ini merupakan keseriusannya dalam membudidayakan porang. “Hasilnya akan diketahui 2 tahun mendatang,” ujarnya.

Dilanjutkan Ronzili, upaya ini dilakukan untuk menuju kesejateraan jangka panjang. “Saat ini memang belum banyak yang mengikuti saya, karena belum ada buktinya. Namun saya optimis porang akan menjadi tren di Kabupaten OKU. Semoga OKU bisa menjadi pemasok kebutuhan ekspor porang,” harapnya. Sementara itu, Wakil Bupati OKU Johan Anuar mengapresiasi langkah yang dilakukan Kades Sundan Ronzili. “Ini gebrakan yang hebat dan berani, saya sangat mendukung pemikiran kades. Kades lainnya bisa mengambil contoh. Di samping itu, instansi terkait harus ikut mendampingi agar budidaya porang bisa berjalan sukses,” sebut Johan. (adv)