27 TPS Dinilai Rawan

OKU – Polres OKU akan menugaskan 422 personil untuk mengamankan Pilkada OKU pada Desember mendatang. Jumlah tersebut akan ditambah 100 personil Polda Sumsel untuk pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan personil Kodim 0403 OKU.

“Selain itu, untuk pengamanan Pilkada kali ini, polisi membagi wilayah dalam empat zonasi penugasan,” kata Kapolres OKU AKBP Arif H Ritonga SIK MH dalam simulasi pengamanan kantor KPU OKU.

Arif mengakui, pengamanan pilkada tahun ini jauh berbeda dengan pengamanan pilkada sebelumnya. “Karena saat ini sedang pandemi Covid -19,” ujar Arif. Ia menambahkan, ada 27 TPS yang yang masuk kategori rawan.

Namun, terangnya, rawan yang ia maksud bukan rawan kriminalitas, melainkan karana faktor geografi. “27 TPS tersebut terletak agak jauh, bisa menempuh perjalanan 2-3 jam menggunakan sepeda motor. Bila hujan, jalan jadi licin sehingga susah untuk mencapai TPS tersebut,” ungkapnya.

Pada akhir pekan kemarin, Polres OKU menggelar simulasi pengamanan pilkada. Dalam simulasi tersebut, ketetapan KPU OKU diskenariokan ditolak salah satu pasangan kandidat dan pendukungnya.