DPS Capai 258.543 Mata Pilih

KPU OKU menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) tingkat kabupaten dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada OKU tahun 2020, di Hotel BIL Baturaja, kemarin (9/9). Foto : HERBERT P NAINGGOLAN/OKU EKSPRES. (*)

OKU – Jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) OKU, pada 9 Desember mendatang berjumlah 258.543 mata pilih. Hasil tersebut setelah melalui pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) pada 15 Juli – 13 Agustus 2020.

Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU, kemarin (9/9), menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) tingkat Kabupaten dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada OKU tahun 2020.

“Setelah dilakukan coklit, dilakukan pleno tingkat PPS kemudian pleno tingkat PPK setelah itu kita laksanakan sekarang ini pleno tingkat kabupaten,” ucap Ketua KPU OKU, Naning Wijaya.

Coklit yang dilakukan PPDP beberapa waktu lalu dengan mendatangi rumah warga. Dari pleno tingkat Kabupaten didapati jumlah DPS pada Pilkada 9 Desember mendatang 314.876 mata pilih. “Pleno tingkat kabupaten dihadiri PPK, Panwascam, Bawaslu dan Pengurus Partai Politik di Kabupaten OKU,” ungkap Naning.

Ditambahkan Naning, dari total 314.876 mata pilih, perincian laki – laki 131.674 mata pilih sedangkan perempuan 126.869 mata pilih. Nantinya DPS tersebut akan disebarluaskan dengan cara ditempel di tempat – tempat strategis untuk melihat tanggapan dari masyarakat. “Selain itu, masyarakat juga diminta aktif melihat daftar tersebut,” imbuh Naning.

Diterangkan Naning, peran aktif masyarakat yang jika namanya tidak terdaftar di DPS segera melapor ke petugas PPS. “Untuk memastikan nama pemilih terdaftar,” pungkas Naning. (bet)