BLT DD Bisa Disalurkan

OKU – Masyarakat penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT – DD) di Kabupaten OKU akhirnya bisa tersenyum. Pasalnya, perpanjangan penyaluran BLT DD akan segera terwujud.

“Untuk DD tahap II sudah cair semua. Dari 143 desa di Kabupaten OKU, seharusnya kades sudah menyalurkan BLT DD untuk bulan Juli karena bukti penyaluran BLT DD akan menjadi syarat untuk mencairkan DD tahap selanjutnya” ujar Kepala Dinas Pemerintahan Desa (PMD) OKU Ahmad Firdaus melalui Kasi Keuangan Desa dan Aset Desa Helmi Aprizal Nasution, kemarin (10/9).

Pencairan BLT DD, lanjut Helmi, sudah diatur dalam Permendes No.50/2020 dan diperkuat Peraturan Bupati (Perbup) OKU. “Dinas PMD OKU juga sudah mensosialisasikan melalui perangkat desa. Bahkan melalui surat juga sudah dijelaskan. Perbup sudah diserahkan ke pemerintah kecamatan untuk diperbanyak dan diberikan ke desa,” lanjutnya.

Helmi menambahkan, bukti penyerahan BLT DD menjadi syarat untuk mencairkan dana Desa Tahap II bulan kedua. ” Setelah disalurkan, bukti penyerahan BLT DD dilampirkan untuk mencairkan DD tahap II bulan kedua. Begitu seterusnya,” kata Helmi lagi. Jadi, sambung, Helmi tidak ada lagi alasan bagi pemerintah desa untuk menahan penyaluran BLT DD. “Kita imbau pemerintah desa untuk segera menyalurkan BLT DD. Jika BLT DD bulan Juli belum disalurkan, maka akan menghambat pencairan DD tahap berikutnya. Saat ini sudah ada 31 desa dari 143 desa di Kabupaten OKU yang sudah mengajukan pencairan DD tahap II bulan kedua,” pungkasnya. (lee)