8 Tahun Mengidap Jamur Kulit Parah

Tim kesehatan puskesmas Lubuk Raja sedang memeriksa Habib yang didiagnosa mengidap jamur kulit parah sejak 2012 silam. Foto: ist. (*)

OKU – Habib Lestaji, seorang warga desa Batumarta I dilaporkan mengidap penyakit yang tak lazim. Warga blok P desa Batumarta I ini memiliki jamur di kakinya. Kakinya pun membengkak sejak 2012 lalu. Bahkan ukuran kaki kirinya lebih besar dibanding kaki kanannnya.

Selama ini, pengobatan yang ia lakukan hanya pengobatan alternatif. Ia belum pernah berobat ke rumah sakit. Warga pun melaporkan hal ini kepada pemerintah desa.

Beberapa hari lalu, tim kesehatan puskesmas bersama pemerintah desa mendatangi Habib. Petugas memeriksa kondisi Habib dan penyakit yang ia derita selama ini. Menurut masyarakat, Habib diduga mengidap penyakit kaki gajah.

Kepala Puskesmas Lubuk Raja dr Dwi Fenty Atri membantah Habib mengidap kaki gajah. “Penyakit yang diderita Habib adalah jamur kulit,” ucap Atri, kemarin (8/9). Ia menjelaskan, setelah diperiksa, Habib dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Untuk itu, ia meminta pemerintah desa agar menyiapkan berkas yang diperlukan agar Habib dapat dirujuk ke rumah sakit dengan jaminan kesehatan pemerintah.

“Hari ini (kemarin) Habib dibawa ke rumah sakit umum untuk mendapatkan pengobatan,” ucap Kades Batumarta I Delys Ardo, kemarin ( 8/9). Ia mengaku belum mengetahui penyakit yang diderita Habib. (gun)