Tak Mampu Bayar Utang Rp25 Juta

OKU – Polsek Peninjauan berhasil menangkap Robi Arista. Pria 29 tahun yang merupakan warga dusun II Desa Sinar Kedaton, Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya (KPR) diduga kuat melakukan penipuan terhadap Ali Wardana.

Kapolres OKU AKBP Arif H Ritonga SIK MH melalui Kapolsek Peninjauan Iptu Hamid menjelaskan, penangkapan Robi karena ia melarikan uang Ali sebesar Rp25 juta. Peristiwa tersebut terjadi pada 23 Mei lalu di desa Sukapindah, Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya.

“Saat itu, Robi ingin membeli karet dari kelompok tani desa Air Hitam. Namun, Robi tidak membawa uang tunai. Ia pun meminjam uang sebesar Rp25 juta kepada Ali Wardana,” jelas Hamid.

Karena percaya dengan Robi, Ali pun bersedia meminjamkan uang tersebut untuk pembayaran pembelian keret. “Namun, setelah pembelian karet sampai saat ini, tidak ada niat baik dari Robi untuk mengembalikan uang yang ia pinjam dari Ali,” lanjutnya.

Menurut Hamid, Robi bukan hanya berhutang Rp25 juta kepada Ali, namun lebih dari itu. “Nilai utang tersangka sudah mencapai sekitar Rp100 juta an. Namun yang ada bukti kwitansi hanya Rp25 juta itu. Dari pengakuan tersangka kepada polisi, ia tidak punya uang lagi untuk membayar utang dan terkesan pasrah,” kata Robi.

Oleh karena itu, pada 19 Agustus lalu, Ali melaporkan Robi ke polisi dengan nomor lapor polisi No: LP- B/20/VIII/2020/Sumsel/Oku/Sek. Pnj tgl 19 Agustus 2020. Robi dijerat dengan pelanggaran pasal 372 Jo 378 KUHP.

Saat ini, terang Hamid, Robi sudah diamankan di Mapolsek Peninjauan beserta barang bukti satu lembar kwitansi peminjaman uang dari Ali Wardana sebesar Rp25 juta. (lee)