Mutu Naik, Harga Jual Meningkat

Kelompok tani karet mengikuti bimtek peningkatan mutu getah karet. Foto: gunawan/oku ekspres. (*)

OKU – Saat ini, petani karet terus berusaha meningkatkan mutu getah karet yang dihasilkan. Salah satu cara yang dilakukan adalah bekerja sama dan membentuk kelompok tani agar harga jual karet lebih tinggi.

Selama ini, produk karet mentah, kualitasnya masih rendah. Sehingga perlu adanya peningkatan mutu getah karet.

Untuk meningkatkan mutu getah karet, kelompok tani di desa Batumarta I mengadakan bimbingan teknologi (bimtek). Bimtek ini mengundang seluruh anggota kelompok tani untuk mendapatkan ilmu dengan mengundang pembicara.

“Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas bahan olah karet,” ucap Jioto, ketua kelompok tani. Ia mengungkapkan, bimtek ini untuk memberikan ilmu kepada para petani agar bisa meningkatkan harga jual getah karet dengan cara meningkatkan mutu getah karet.

Jika mutu getah karet yang dihasilkan petani bagus, maka nilai jual getah karet juga dapat meningkat. Oleh karena itu, untuk meningkatkan mutu karet, harus ada beberapa syarat. Yaitu bibit karet harus bagus, pengelolaanya harus bagus, panen harus bagus, dan tempat cetakan juga harus bagus sesuai dengan anjuran pemerintah.

Jioto mengakui, selama ini petani belum pernah mengadakan atau mengikuti bimtek. Saat menanam, merawat, dan memanen getah karet hanya dipelajari dari orang tua para petani. “Bila petani sudah tahu cara pengolahan getah karet dengan baik, mudah-mudahan harga getah karet juga bisa naik,” kata Jioto.

Tak hanya materi, narasumber dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura OKU juga mempraktekan cara pengolahan getah karet yang baik agar bisa menghasilkan karet dengan mutu bagus dan bisa meningkatkan produksi getah karet. (gun)