Bekerja, Lanjutkan! Jadi Kontestan Pilkada

Pasangan Drs H Kuryana Azis – Drs Johan Anuar SH MM mendaftar di KPU OKU. Foto : HERBERT P NAINGGOLAN/OKU EKSPRES. (*)

BATURAJA TIMUR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU membuka pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Pilkada 2020. Pendaftaran yang digelar pada 4 – 6 September tersebut menerapkan protokol kesehatan ketat.

Diiringi 12 partai pengusung selain partai PAN yang tidak hadir, bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati OKU, Drs H Kuryana Azis dan Drs Johan Anuar SH MM, Jumat (4/9) sekitar pukul 8.30 WIB, mendatangi Ball Room Hotel BIL Baturaja tempat pendaftaran yang diselenggarakan KPU OKU.

Menerapkan protokol kesehatan yang ketat, H Kuryana Azis – Johan Azuar beserta 11 parpol pengusung dan 4 parpol pendukung, memasuki area pendaftaran dengan mengenakan masker, mencuci tangan serta diukur suhu tubuh oleh petugas Dinas Kesehatan OKU.

Kedatangan pasukan Bekerja, Lanjutkan! ini diterima lima Komisioner KPU OKU. Kemudian, H Kuryana Azis dan Johan Anuar duduk di kursi depan dengan membawa beberapa berkas syarat pendaftaran kemudian menyerahkan berkas tersebut ke Komisioner KPU OKU. Verifikasi membutuhkan waktu hampir 90 menit. “Alhamdulillah dokumen lengkap,” ucap Ketua KPU OKU, Naning Wihaja.

Calon Bupati OKU, Drs H Kuryana Azis menyatakan pihaknya mengambil langkah awal untuk pendaftaran karena berprinsip lebih cepat lebih bagus namun harus hati – hati jangan sampai ada kekurangan berkas. “Kami dari jauh – jauh hari sudah sangat teliti,” ucap Kuryana.

Terkait ketidakhadiran pengurus DPD PAN OKU untuk menghantarkan pasangan Bekerja, Lanjutkan ! mendaftar ke KPU OKU, Kuryana tidak mempersoalkan. Diakui Kuryana, pihaknya terlebih dahulu didukung PAN. “Saya tidak berkomentar terkait itu,” tukas Kuryana.

Namun yang jelas, lanjut Kuryana, pasangan Bekerja, Lanjutkan ! telah mendapatkan dukungan resmi dari DPP PAN yang ditandatangani Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal DPP PAN. “Walaupun demikian tidak jadi masalah,” tegas Kuryana.

Terkait siapa yang menggantikan dirinya selama cuti nanti, H Kuryana Azis menyerahkan sepenuhnya kepada Gubernur Sumsel. “Gubernur yang menentukan itu kita tidak berhak,” pungkas Kuryana.

Terpisah, Ketua KPU OKU, Naning Wijaya didampingi Komisioner KPU OKU Divisi Hukum, Jaka Irhamkan SH, mengatakan, merujuk PKPU 9/2020 perubahan keempat dari PKPU 3 tahun 2017 tahapan pencalonan telah dilaksanakan. “Dalam PKPU 5 disebutkan bahwa mulai 4 -6 september pendaftaran pencalonan,” ujar Naning.

Untuk di Kabupaten OKU, lanjut Naning, calon melalui jalur perseorangan tidak ada lantaran gugur di administrasi, tinggal melalui jalur parpol yang dapat mendaftar ke KPU OKU.

“Hari ini (Jumat, 4/9), hampir seluruhnya B.1 KWK yang didaftarkan ke KPU OKU itu mengusung satu pasangan calon dan satu B.1 KWK yang tidak dihadiri pengurus Partai Amanat Nasional dan kita tunggu saja apakah ada perubahan atau tidak,” terang Naning.

Ditambahkan Naning, artinya dengan situasi ini bahwa seluruh parpol yang memiliki kursi di DPRD OKU sudah mengusung satu paslon. “Namun, kami tetap membuka pendaftaran hingga waktu yang telah ditentukan,” tukas Naning. (bet)