Pipa Minyak Bocor Diduga Akibat Tekanan Sumur

PERBAIKI : Perbaikan kebocoran pipa di Desa Tanjung Muning, Kecamatan Tanjung Muning rampung dilakukan petugas PEP Asset 2, Rabu lalu. Foto: PEP Asset 2 Limau. (*)

MUARA ENIM – Kebocoran jalur pipa sumur Bel 35 di Desa Tanjung Muning, Kecamatan Gunung Menang, Kabupaten Muara Enim terjadi pada 31 Agustus menghebohkan warga.

Belakangan, kebocoran tersebut sudah diperbaiki oleh PT Pertamina EP (PEP) Asset 2 melalui Field Limau. Perbaikan rampung pada 1 September dan kebocoran telah ditutup dan semburan minyak mentah tidak lagi mencemari lingkungan warga di sekitar lokasi kebocoran.

Limau Asmant Legal And Relation (LR), Fredrick Roma P melalui Relation dan Formalities (RF), Afrianto dikonfirmasi awak media, Kamis (3/9) membenarkan ada kejadian tersebut.

“Begitu dapat informasi dan laporan, tim kami (PEP Asset 2 Limau Field, red) telah dilakukan gerak cepat dan langsung ke lokasi kejadian. Langsung dilakukan melakukan penanganan dan perbaikan kebocoran pipa yang menyebabkan tumpahan minyak mentah (Crude Oil) di sekitar lokasi kejadian,” ujar Afri, sapaan akrabnya.

Perbaikan telah dilakukan, kata dia dan telah rampung sore harinya. Jelas berkoordinasi dengan Pemerintah desa (Pemdes) dan warga terdampak kebocoran pipa.

“Kita terjunkan tim sekuriti perusahaan, untuk mengamankan lokasi. Selanjutnya, tim produksi dan HSSE melakukan pembersihan sisa kebocoran minyak mentah. Dan, perbaikan kebocoran sudah selesai Selasa sore lalu,” tukasnya.

Sambungnya, warga terdampak kebocoran sudah didata dan akan mendapatkan kompensasi dari perusahaan terkait kebocoran pipa terjadi hingga menyemburkan minyak mentah.

“Penyebab sementara diduga akibat tekanan sumur terlalu tinggi, apalagi pipa tergolong baru berumur sekitar satu tahun. Untuk pastinya, tim tengah melakukan investigasi mendalam terkait penyebab utama kebocoran pipa tersebut,” pungkasnya. Informasi dihimpun koran ini, aksi kebocoran pipa ini sempat diabadikan masyarakat dan menyebar di media sosial (Mensos) dan media online. (03)