KPM Segera Terima Bantuan

OKU – Bank Sumsel Babel cabang Baturaja telah menerima data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk bantuan kepada warga yang terdampak Covid 19. Data tersebut berasal dari Dinas Sosial OKU.

Pemimpin Cabang Bank Sumsel Babel cabang Baturaja Dhanis Faisal mengatakan, pihaknya sudah menerima data dari enam kecamatan. Ia menjelaskan, keterlambatan data yang diterima bukan ssengaja.

“Hal ini disebabkan validasi data memang membutuhkan waktu hingga menyebabkan penyaluran bantuan itu belum terlaksana,” papar Dhanis. Sebelum diterima Bank Sumsel Babel, data harus diverifikasi dahulu oleh Dinsos OKU agar tidak terjadi kesalahan, misalnya penerima bantuan menerima bantuan dua kali.

“Proses verifikasi data ini yang memakan waktu karena harus dikembalikan kepada kecamatan kemudian ke desa untuk perbaikan. Setelah itu, data dikembalikan lagi secara berjenjang hingga diterima bank,” ungkapnya.

Saat ini, kata Dhanis, data yang sudah diterima Bank Sumsel Babel Baturaja sekitar 30% dari 20.000 KPM yang akan menerima bantuan. “Untuk data yang sudah siap, nomor rekening siap diterbitkan. Setelah itu bantuan bisa dicairkan melalui rekening,” kata Dhanis.

Sebelumnya, Dhanis pernah mengatakan penyaluran bantuan sosial Kabupaten OKU, pihaknya akan memberdayakan seluruh kantor cabang pembantu serta kantor kas.

“Bank Sumsel Babel tidak menyediakan loket khusus untuk penyaluran bantuan ini karena saat ini masih masa pandemi. Jadi terlalu beresiko jika mengumpulkan KPM di satu loket khusus. Kita hanya akan memberdayakan kantor cabang pembantu, kantor kas, serta teller di cabang Baturaja untuk menyalurkan bantuan,” bebernya.

Dhanis memperkirakan penyaluran bantuan tingkat kabupaten tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat. “Mungkin satu atau 2 hari ini,” pungkasnya. (lee)