KPU Bidik Pemilih Pemula

KPU OKU mengajak pemilih milenial mensuskeskan Pilkada OKU 2020. Hal ini terungkap dalam sosialisasi peran pemilih pemula dengan mahasiswa di Hotel BIL Baturaja, kemarin (31/8). Foto: Ist. (*)

OKU – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) OKU, pada 9 Desember, KPU OKU telah mendata sekitar 1.084 pemilih pemula yang terdaftar di Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4).

“Jumlah tersebut bisa bertambah maupun berkurang,” ucap Ketua KPU OKU, Naning Wijaya pada sosialisasi peran pemilih pemula dengan mahasiswa yang digelar di Hotel BIL Baturaja, kemarin (31/8).

Kendati demikian, lanjut Naning, pihaknya belum dapat memastikan jumlah pemilih pemula yang dapat memberikan hak suara nanti. “Jumlah tersebut baru berdasarkan DP4, bukan hasil coklit,” ujar Naning.

Ditambahkan Naning, data DP4 merupakan data yang diperoleh dari Disdukcapil berdasarkan dari kelompok usia. “Karena pemilih pemula merupakan warga yang sudah berusia 17 tahun atau sudah menikah,” imbuh Naning.

Selain itu, lanjut Naning, pemilih pemula juga berasal dari TNI dan Polri yang sudah memasuki masa pensiun sebelum pemilihan 9 Desember. Pasalnya, anggota TNI dan Polri semasa aktif harus netral. “Diharapkan peran pemilih pemula untuk mensukseskan Pilkada OKU 2020,” tukas Naning. (bet)