KA Kuala Stabas Beroperasi Lagi

Besok, KA Kuala Stabas akan operasi lagi setelah beberapa bulan operasi kereta komersil tersebut dihentikan terkait pandemi yang terjadi. Namun, untuk menggunakan transportasi itu, ada syarat khusus yang harus dipatuhi penumpang. Foto: Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Aturan ketat diterapkan menajemen PT KAI bagi calon penumpang kereta api (KA) Kuala Stabas. Kereta tujuan Baturaja – Tanjungkarang dan sebaliknya ini akan beroperasi perdana di masa new normal pada 1 September besok.

“Operasi perdana besok (1 September). Karena masa new normal, aturan untuk penumpang KA ini sangat ketat,” ujar Kepala Stasiun KA Baturaja Syaiful Bahri, kemarin (30/8).

Aturan tersebut dijelaskan Syaiful berlaku mulai dari sistem pembelian tiket. Sebelum masa pandemi Covid 19, PT KAI menerapkan dua sistem. Yakni, pemesanan dan pembelian di loket. “Untuk sekarang tiket hanya bisa dibeli tiga jam sebelum pemberangkatan,” ungkapnya.

Selain itu, sambung Syaiful, calon penumpang diharuskan memenuhi syarat lain (lihat grafis). Termasuk jarak tempat duduk penumpang juga diatur.

“Jarak kursi penumpang diatur. Satu kursi kosong. Normalnya penumpang penuh 80 orang/gerbong. Tapi di masa new normal hanya boleh diisi 40 orang penumpang/gerbong,” jelasnya.

Pihaknya tetap akan menerapkan protokol kesehatan, termasuk penyemprotan rutin di ruang tunggu dan gerbong penumpang yang akan digunakan. “Seperti biasa protokol kesehatan dijalankan. Untuk harga tiket masih Rp30 ribu/orang,” tandasnya.

Jika KA Kuala Stabas beroperasi, maka kereta penumpang kelas ekonomi dan eksekutif belum ada kepastian kapan beroperasi di masa new normal ini. (stf)