Disdik: PJJ Sampai Akhir Tahun

Disdik OKU memutuskan untuk memperpanjang PJJ di Kabupaten OKU hingga akhir tahun. Foto : dok. Okuekspres. (*)

OKU – Disdik OKU memutuskan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Kabupaten OKU akan berlangsung sampai akhir Desember mendatang. Hal ini berdasarkan Surat Edaran No: 420/1262/I/XV/2020 perihal perpanjangan kegiatan PJJ.

Kebijakan ini untuk menindaklanjuti keputusan rapat bersama pada 24 Agustus lalu dimana Pemerintah Kabupaten OKU membatalkan rencana belajar tatap muka di delapan kabupaten pada 1 September mendatang.

Kepala Disdik OKU H Teddy Meilwansyah S STP MM melalui Sekretaris Disdik OKU Alfarizi SE Ak mengatakan, pertimbangan utama kebijakan PJJ diperpanjang adalah keselamatan warga sekolah. Selain itu, status Kabupaten OKU juga meningkat dari zona kuning menjadi zona orange.

” PJJ sampai akhir Desember 2020 berlaku untuk seluruh sekolah di Kabupaten OKU,” jelasnya. Keputusan ini berdasarkan masukan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) OKU, Satgas Covid-19 OKU, BPBD OKU, Dinkes OKU, Kankemenag OKU, MKKS SMP negeri/swasta, K3S, IGTKI PGRI OKU maupun Himpaudi.

Selama masa pembelajaran daring, Alfarizi meminta sekolah menyiapkan modul sederhana sebagai solusi dari pembelajaran secara daring yang banyak kendala dan membebani siswa dan orang tua siswa.

“Guru dan semua pihak terkait harus memperhatikan kurikulum ajaran 2020/2021. Siswa harus tetap mendapatkan layanan pendidikan dan pembelajaran dari sekolah melalui program belajar dari rumah dengan bimbingan atau pemantauan guru dan orang tua,” ujarnya.

Dalam surat edaran tersebut, Alfarizi mengingatkan guru, tenaga kependidikan, peserta didik, orang tua siswa, pemerintah telah menerbitkan SE Bupati OKU no 52/2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian covid-19.

“Mari kita melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid – 19 serta pola hidup bersih dan sehat (PHBS) agar terhindar dari virus,” jelasnya. (jr8)