Data Penerima Ganda Muncul Lagi

KPM di kecamatan Baturaja Timur mencairkan BST di kantor Pos Baturaja. Pada penyaluran tahap 4 dan 5, Kantor Pos Baturaja kembali menerima data penerima ganda. Padahal data tersebut pernah dikembalikan Kantor Pos Baturaja ke Kemensos. Foto: mustofa/oku ekspres. (*)

OKU – Data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial Tunai (BST) yang dikembalikan Kantor Pos Baturaja sebelumnya kembali dikirimkan Kementerian Sosial (Kemensos) RI ke kabupaten OKU.

Hal ini diketahui ketika petugas Kantor Pos Baturaja memeriksa berkas dari Kemensos untuk pencairan BST tahap 4 dan 5 (Juli – Agustus).

“Ribuan data yang sudah kami kembalikan. Tapi data itu dikirim kembali saat pencairan tahap 4 dan 5,” ujar Kepala Kantor Pos Baturaja Juhen Hendri, belum lama ini.

Ribuan data KPM yang dikembalikan ke Kemensos, dijelaskan Juhen, karena KPM yang bersangkutan tidak mencairkan BST periode sebelumnya hingga 31 Juli lalu. Selain itu, data tersebut juga berasal data penerima ganda yang terdeteksi.

“Penerima ganda itu adalah nama penerima sama, tapi NIK nya beda. Jadi dipilih salah satu. Nah yang tidak terpilih, kami kumpulkan dan dikembalikan. Pengembalian ke Kemensos bersamaan dengan data KPM yang telah wafat dan tidak ada ahli warisnya, atau KPM yang tidak ditemukan alamatnya,” ungkapnya.

Data ganda tersebut, sambung Juhen, ditemukan di salah satu kecamatan di Kabupaten OKU. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait agar data yang digunakan hanya satu saja.

“Penyalurannya berpedoman dengan pedoman sebelumnya. Pilih salah satu, sisanya dikembalikan ke Kemensos,” tandasnya.

Untuk kecamatan Lubuk Batang, pencairan dana BST akan dilakukan hari ini di kantor kecamatan Lubuk Batang.