Dua Pencuri Sapi Dibekuk

Kedua tersangka pencuri sapi, Masa Gandi dan Nopla Dinata diamankan di Mapolsek Lubuk Batang. Foto: dok Polsek Lubuk Batang. (*)

OKU – Dua pencuri sapi milik Juyardi (28), warga desa Tanjung Dalam, kecamatan Lubuk Batang berhasil dibekuk tim Lumba-Lumba Polsek Lubuk Batang, dua hari lalu. Keduanya adalah Masa Gandi (56) warga Desa Lubuk Batang Lama dan Evan Nopla Dinata (35) warga Desa Lubuk Batang Baru.

Kapolres OKU AKBP Arif H Ritonga SIK MH melalui Kapolsek Lubuk Batang AKP Ujang Abdul Azis mengungkapkan pencurian dua ekor sapi itu dilakukan Masa dan Evan pada 4 Agustus lalu sekitar pukul 12.30 WIB di kebun milik Juyardi di dusun II, Desa Tanjung Dalam, Kecamatan Lubuk Batang.

Pencurian sapi tersebut bermula sekitar pukul 10.00 WIB,  Juyardi mengikat dua ekor sapi miliknya di pohon yang berada di kebunnya. “Usai mengikat sapi miliknya, Juyadi pulang ke rumah. Lalu sekitar pukul 12.30 WIB, Juyadi kembali ke kebun untuk melihat sapi yang ia ikat di pohon,” kata Ujang.

Sampai di kebun, Juyadi tidak melihat sapi miliknya. Ia pun berusaha mencari sapinya. Namun tidak ditemukan. “karena yakin sapi miliknya telah hilang dicuri, ia segera melaporkan pencurian itu ke Polsek Lubuk Batang,” lanjutnya.

Setelah menerima laporan pencurian sapi, Kapolsek Lubuk batang AKP Ujang Abdul Aziz SE  memerintahkan Kanit Reskrim Aipda Deni Kurniawan untuk segera melakukan penyelidikan.

“Alhamdulillah, dari penyelidikan tersebut, kita menemui titik terang indentitas pelaku pencurian,” kata Ujang.

Pada 22 Agustus, sekitar pukul 01.00 WIB, Timsus Lumba-Lumba yang dipimpin Ujang berhasil menangkap kedua pelaku di kediaman mereka masing-masing.

Di hadapan polisi, kedua pelaku mengakui telah mencuri kedua sapi Juyadi yang diikat di pohon dalam kebun Juyadi. “Menurut para pelaku, kedua sapi itu digiring ke dalam kebun karet di Desa Lubuk Batang Baru. Setelah dianggap aman, kedua sapi tersebut dipotong,” terang Ujang.

Daging sapi tersebut mereka jual. Hasil dari penjualan daging sapi dibagi rata oleh kedua pelaku. Namun untuk kepala dan kaki sapi tidak diambil oleh kedua tersangka. Kepala dan kaki sapi ditinggalkan begitu saja di lokasi pemotongan.

Saat ini, sambung Ujang, kedua tersangka diamankan di Mapolsek Lubuk Batang untuk menjalani penyelidikan lebih lanjut. “Keduanya telah diamankan bersama barang  bukti satu unit Toyota Kijang Super BG 1166 FD, seutas tali tambang biru, sebuah anting hidung sapi dan foto dua ekor kepala sapi, isi perut, dan kaki sapi,” pungkas Ujang. (lee)