Bank Sumsel Babel Resmikan Program Q-RIS

Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH; Pemimpin cabang Bank Sumsel Babel Baturaja Dhanis Faisal menyaksikan peresmian BSB Q-RIS secara virtual. Foto: Herli Yansah/oku ekspres. (*)

OKU – Bank Sumsel Babel meresmikan program terbaru Q-RIS di Palebang Indah Mall (PIM) pada 19 Agustus. Peresmian yang digelar secara virtual tersebut dihadiri Direktur Utama Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin, Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya, Kepala Perwakilan BI Sumsel Hari Widodo, serta unsur Muspida.

Acara peresmian tersebut juga disaksikan secara virtual oleh seluruh cabang Bank Sumsel Babel se Sumatera Selatan, termasuk bank Sumsel Babel cabang Baturaja.

Di Baturaja, peresmian program Q-RIS tersebut dihadiri Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH; pemimpin cabang Bank Sumsel Babel Baturaja Dhanis Faisal; Kepala Dinas Koperasi Faisol Ibrahim; Kadis Kominfo Priyatno Darmadi; Kadis PU PR Chandra Dewana; Kabag Humas dan Protokol Feri Iswan; serta Karyawan Bank Sumsel Babel.

Direktur Utama Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin mengatakan, inovasi terbaru ini untuk mendukung program pemerintah transaksi non tunai yang simpel, aman dan nyaman saat digunakan.

“BSB Q-RIS ini membantu nasabah maupun para pelaku usaha untuk menerima sistem pembayaran dari semua aplikasi berbasis QR Code,” kata Syamsudin.

Menurut dia, BSB Q-RIS merupakan pilihan tepat bagi masyarakat Sumsel, khususnya nasabah BSB sebagai alat pembayaran yang memiliki banyak keunggulan untuk transaksi komersial dan transaksi sosial.

“BSB Q-RIS ini sangat cocok digunakan pada situasi pandemi COVID-19 saat ini, tidak perlu memegang uang tunai, cukup scan bar code. Apalagi hampir 2.000 UMKM binaan BSB telah menjadi pengguna dari layanan pembayaran digital ini,” katanya.

Pemimpin Cabang Bank Sumsel Babel Baturaja Dhanis Faisal juga menyampaikan, Q-RIS sudah bisa digunakan bagi nasabah Bank Sumsel Babel Baturaja. “Saat ini sudah ada beberapa toko ataupun UMKM di kota Baturaja yang menggunakan program Q-RIS ini. Jika nasabah Bank Sumsel Babel akan membayar belanjaan ataupun mambayar makan dan minum, tidak perlu lagi bayar tunai, cukup scan bar code di tempat belanja tersebut,” ucap Dhanis.

Menurut Dhanis, Q-RIS ini sangat simpel dan aman karena untuk mengakses pembayaran hanya menggunakan ponsel android. “Cukup dengan HP. Nanti bar code yang ada akan dipajang di kasir pada tempat pelaku usaha. Tinggal scan, pembayaran selesai,” lanjutnya. Dhanis berharap program Q-RIS bisa digunakan seluruh nasabah Bank Sumsel Babel. “Hal ini juga kan dalam mendukung program pemerintah mewujudkan program non tunai. Kita juga akan merambah ke lingkungan pemerintahan agar program ini juga bisa digunakan di dalam pemerintahan,” pungkasnya. (lee)