BST Cair, KPM Terima Rp600 ribu

Pencairan BST Kemensos RI untuk bulan Juli - Agustus di Kantor Pos Baturaja. Pada pencairan BST saat ini, KPM menerima bantuan sebesar Rp 600 ribu/KPM/dua bulan. Foto: Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Bantuan Sosial Tunai (BST) yang ditunggu warga kembali disalurkan pemerintah. Penyaluran BST tersebut dimulai 21 Agustus kemarin. Setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) langsung menerima BST untuk dua bulan. Yakni bulan Juli dan Agustus.

“Jumlahnya Rp 600 ribu/KPM,” ujar Kepala Kantor Pos Baturaja Juhen Hendry. Bantuan yang berasal dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI ini merupakan tahap lanjutan.

Awalnya, Kemensos menyalurkan bantuan terdampak Covid 19 untuk tiga bulan pertama. Yakni April – Juni dengan nilai Rp 600 ribu/KPM. “Bantuan masih disalurkan sampai Desember mendatang. Tapi nilai bantuan yang diterima KPM turun. Yakni, menjadi Rp 300 ribu/KPM/bulan,” terang Juhen.

Selain nilai uang yang disalurkan menurun, jumlah penerima bantuan BST Kemensos RI di kabupaten OKU juga menurun. Pada pencairan Juli – Agustus sebanyak 20.491 KPM yang menerima bantuan.

Sedangkan jumlah penerima bantuan pada Juni sekitar 21 ribuan. Pencairan BST ini ditargetkan selesai pada 30 Agustus mendatang.

Jumlah penerima justru bertambah di Kabupaten OKU Timur. Sementara jumlah penerima di OKU Selatan menurun sampai 50 persen. “KPM di OKU Timur sebanyak 25.635. Sebelumnya jumlah KPM sebanyak 23.949 KPM. Nah KPM di OKU Selatan turun menjadi 6. 577 orang dari 13.173 orang, ” tandas Juhen. (stf)