Pilkada OKU Jadi Contoh Pilkada Lain

Gubernur Sumsel Herman Deru saat memberikan kata sambutan secara virtual dari kecamatan Simpang, OKU Selatan pada Virtual Launching Pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten OKU di Gedung Kesenian Baturaja tadi siang. Foto: a setiawan/oku ekspres. (*)

OKU – Gubernur Sumsel Herman Deru mengungkapkan, pemilihan kepala daerah atau pilkada merupakan proses pendewasaan politik.

“Bila pilkada dinilai berhasil, maka pemerintah juga akan dinilai berhasil,” kata Deru saat memberi kata sambutan yang disiarkan langsung dari kecamatan Simpang, OKU Selatan.

Deru mengakui, Pilkada OKU akan menjadi contoh bagi pilkada lain di Sumsel. Alasannya, Kabupaten OKU sudah empat kali menggelar pilkada sejak Kabupaten OKU dimekarkan menjadi tiga kabupaten. “Semua Pilkada OKU selalu berlangsung lancar,” terangnya.

Hal ini terungkap dalam Virtual Launching Pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten OKU di Gedung Kesenian Baturaja tadi siang.

Acara yang menerapkan protokol kesehatan Covid 19 ini dihadiri ketua KPU Sumsel Kelly Mariana, Sekda OKU A Tarmizi, komisioner KPU OKU, organisasi masyarakat (ormas), organisasi pemuda, perwakilan partai politik, sejumlah anggota KPU kabupaten/kota, serta para undangan lainnya yang hadir secara virtual.

Sebelum masuk gedung kesenian untuk mengikuti acara, para undangan wajib mengikuti protokol kesehatan. Mulai dari mencuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, hingga menggunakan masker.

Hal ini dilakukan untuk memperkecil peluang penyebaran virus corona. Selain itu, jarak duduk para undangan pun sekitar 1 meter. (alv)