Tonjolkan Usaha Masyarakat

Pertemuan di aula desa sebagai persiapan penilaian lomba proklim di desa Battuwinangun, kecamatan Lubuk Raja. Foto: gunawan/oku ekspres. (*)

OKU – Program Kampung Iklim (Proklim) merupakan salah satu program nasional yang dikembangkan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Program ini bertujuan mendorong partisipasi masyarakat dan seluruh pihak untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Desa Battuwinangun di kecamatan Lubuk Raja sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi lomba proklim ini. “Rencananya Pemerintah Kabupaten OKU akan melihat persiapan desa ini,” ucap ketua proklim desa Battuwinangun Arif, kemarin (18/8).

Kemarin, pihak terkait menggelar pertemuan di aula kantor desa Battuwinangun. Arif mengatakan, penilaian lomba rencananya akan dipusatkan di empat dusun. Yaitu Banjar Sari, Cimalaya 3, Air Klutum, dan dusun Cindra Mulya 2.

Dalam pertemuan tersebut dibahas persiapan yang akan dilakukan dari Pemerintah Kabupaten OKU. Kemudian penilaian juga akan dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. “Persiapan ini melibatkan kepala dusun dan anggota PKK setempat,” terang Arif.

Rencananya persiapan penilaian akan dimulai esok lusa. Empat dusun ini akan menonjolkan usaha masyarakat. Yaitu pembuatan pupuk, kerajinan, dan pemanfaatan limbah plastik. (gun)