Lepas Masa Lajang di Hari Kemerdekaan

Pasangan Rahmad Bayu dan Vita Avelia menikah di hari kemerdekaan RI, kemarin, di KUA Lubuk Raja. Foto: gunawan/oku ekspres (*)

OKU – Salah satu cara agar mudah mengenang hari pernikahan adalah menikah di hari besar atau hari penting negara. Contohnya pada 17 Agustus. Inilah yang dilakukan oleh pasangan pengantin baru Rahmad Bayu dan Vita Avelia.

Keduanya sepakat melepas masa lajang, kemarin (17/8), di Kantor Urusan Agama (KUA) Lubuk Raja. Tak pelak, 17 Agustus menjadi hari yang semakin penting dan sakral bagi Rahmad dan Vita.

“Pada tanggal 17 Agustus ini, ada dua pasang pengantin yang melangsungkan pernikahannya,” ucap petugas KUA Lubuk Raja Yusril Hamid S.Ag, saat ditemui sebelum melaksanakan akad nikah, kemarin (17/8).

Dua pasangan pengantin yang menikah tersbeut tinggal di desa yang berbeda. Satu pasangan di desa Battuwinangun yang menikah di KUA, yaitu pasangan Rahmad dan Vita. Sedangkan satu pasangan pengantin lainnya menikah di kediaman mempelai wanita di desa Marta Jaya.

Yusril mengakui, pernikahan yang dilaksanakan di hari kemerdekaan RI sangat jarang terjadi. Namun pasangan ini mengambil tanggal penting tersebut karena tentang perjuangan. “Hari ini (17 Agustus) adalah hari perjuangan RI. Sehingga mereka (kedua mempelai) sepakat untuk menikah di tanggal ini,” ungkapnya.

Rahmad Bayu yang merupakan mempelai pria mengatakan, momentum hari kemerdekaan juga berarti perjuangan bersama istrinya menuju pelaminan. Selain itu tanggal 17 Agusstu juga melambangkan perjuangan dalam mengarungi bahtera rumah tangga mereka kelak. (gun)