Masuki Tahap Penggalian Pipa Induk

Para pekerja PT KSI Pratiwi Dhama menggali tanah untuk pipa induk gas. Foto: Herli Yansah/oku ekspres (*)

OKU – Pengerjaan proyek jalur gas rumah tangga yang digarap PT KSI Pratiwi Dhama telah memasuki tahap penggalian pipa induk. Penggalian pipa induk tersebut sudah menyebar di beberapa desa yang akan dilalui jalur gas.

Hal ini di sampaikan Simanjuntak yang merupakan kepala pelaksana PT KSI Pratiwi Dhama. Ia mengatakan, tahapan pengerjaan sudah sampai pada penggalian dan pengelasan pipa induk.

“Kita sudah mulai menggali untuk pipa induk dengan diameter pipa 4 inchi dengan kedalaman galian 150 cm. Untuk saat ini yang sudah digali di desa Lubuk Batang Baru, Tanjung Dalam, Banuayu, Kartamulya, dan Belatung,” ujar Simanjuntak.

Ia menjelaskan, untuk penggalian hingga penanaman pipa induk di tanah diprediksi akan memakan waktu hingga Oktober mendatang. “Diprediksi penggalian akan selesai pada Oktober. Itu pun jika cuaca mendukung karena jumlah pekerja yang terbatas,” jelas Simanjuntak.

Sementara untuk galian pipa 63 atau pipa kuning, Simanjuntak mengatakan saat ini sudah hampir selesai. “Untuk galian pipa 63 sudah mencapai 90%. Jadi hanya beberapa titik lagi yang belum digali. Oleh karena itu kita bisa menggali untuk pipa induk,” kata Simanjuntak.

Ia berharap, proyek jalur gas rumah tangga ini tidak menemui kendala yang berarti sehingga bisa cepat selesai. “Semoga semuanya lancar dan bisa selesai tepat waktu,” pungkas Simanjuntak. (lee)