Gaji 13 Cair Segera Cair

OKU – ASN di Kabupaten OKU bisa tersenyum. Gaji 13 yang selama ini ditunggu segera cair. Hal ini ditegaskan oleh Bupati OKU Drs H Kuryana Azis.

“Insya Allah, gaji 13 dibayar pekan ini,” kata Kuryana. Pelopor program Jumat Bersih di Kabupaten OKU ini berharap gaji 13 tersebut bisa membantu ASN memenuhi kebutuhannya.

Kabid Anggaran BKAD OKU Sastramanjaya menambahkan, Pemerintah Kabupaten OKU telah menyiapkan anggaran pembayaran gaji 13 sebesar Rp24,3 milyar lebih. Jumlah tersebut diperuntukkan 5.506 ASN se Kabupaten OKU. “Saat ini masih menunggu pengajuan pencairan gaji 13 dari OPD,” kata Sastramanjaya.

Gaji 13, lanjut Sastra, disesuaikan dengan gaji yang terima setiap ASN pada bulan terakhir. “Nilai gaji yang diterima ASN bervariasi,” tukasnya.

Pencairan gaji 13 ini berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 44/2020 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan atau Penghasilan Ketiga Belas Tahun 2020 pada awal pekan ini. Dengan demikian, Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, Polri, dan pensiunan akan menerima gaji 13 ini.

Total anggaran yang disiapkan pemerintah Indonesia untuk pencairan gaji 13 ini senilai Rp28,5 triliun. Dana tersebut berasal dari APBN yang mencapai Rp 14,6 triliun dan APBD senilai Rp 13,89 triliun.

Dalam PP No.44/2020, terdapat daftar PNS yang tidak mendapatkan gaji, pensiun, tunjangan, atau penghasilan ke-13 tahun ini. Diantaranya PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri yang sedang menjalani cuti di luar tanggungan negara.

Kemudian PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri yang sedang ditugaskan di luar instansi pemerintah baik di dalam maupun di luar negeri yang gajinya dibayar oleh instansi tempat penugasan juga tidak menerima gaji 13 ini. (din)