297 Napi Diusulkan Dapat Remisi

OKU – Perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia tampaknya juga akan dirasakan masyarakat binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIB Sarang Elang Baturaja. Pasalnya, rutan telah mengajukan remisi atau pengurangan masa hukuman kepada Kementrian Hukum dan HAM RI untuk 297 warga binaan rutan tersebut.

Kepala Rutan Kelas IIB Baturaja Royhan Al Faisal melalui Kasi Administrasi Keamanan Rutan Kelas IIB Baturaja Mirullah mengatakan, dari 423 warga binaan yang ada, pihaknya sudah mengajukan remisi umum untuk 297 warga binaan dalam rangka HUT RI ke-75.

“297 warga binaan ini sudah diajukan mendapatkan remisi. Saat ini tinggal menunggu keputusan Kemenkum HAM. Biasanya keputusannya diterima pada 16 Agustus petang,” ujar Mirullah.

Mirullah mengatakan, dari 297 yang diusulkan tersebut, pihaknya belum bisa memastikan apakah akan disetujui semua. “Tergantung kementrian. Yang jelas kita sudah mengajukan usulan remisi. Pengajuan usulan ini berdasarkan syarat yang sudah ditentukan,” lanjutnya.

Syaratnya, kata Mirullah, warga binaan harus berkelakuan baik selama menjalani masa hukuman, terhitung 17 Agustus 2020 paling sedikit telah menjalani 6 bulan masa hukuman.

“Untuk napi yang baru menjalani hukuman di bawah 6 bulan, kita belum bisa mengajukan remisi. Serta selama menjalani tahanan selalu berkelakuan baik. Namun untuk tahun ini belum ada yang mendapat remisi bebas,” kata Mirullah.

Lamanya masa remisi yang diajukan untuk 297 warga binaan, Mirullah menjelaskan ada lima rincian yang diajukan. Remisi 1 bulan ada 82 orang, 2 bulan ada 65 orang, 3 bulan ada 101 orang, 4 bulan ada 29 orang, dan 5 bulan ada 20 orang. “Sehingga totalnya jadi 297 orang,” jelasnya.

Ia berharap, dari pengajuan 297 orang warga binaan tersebut bisa terkabul semua. “Semoga semua pengajuan itu disetujui karena semua napi yang diusulkan mendapat remisi telah memenuhi syarat. Rata – rata warga binaan Rutan Kelas IIB ini berkelakuan baik selama menjalani masa hukuman,” pungkasnya. (lee)