Peduli Pelajar, Berikan Wifi Gratis

Anak - anak yang memanfaatkan wifi gratis untuk PJJ secara daring. Foto: jeki/okuekspres. (*)

OKU – Saat ini, sudah hampir 5 bulan para pelajar semua jenjang pendidikan menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui daring. Ternyata PJJ masih menjadi kendala bagi siswa yang tinggal didaerah. Mulai dari jaringan internet yang tak stabil,  ponsel pintar, listrik, maupun kuota internet.

Sejumlah persoalan yang masih belum terselesaikan tersebut menggugah Novra Gawarizky (27) memberikan solusi bagi para siswa yang kurang beruntung. Salah satu langkah yang dilakukan Novra adalah menjadikan rumahnya sebagai tempat belajar para siswa dan memberikan wifi gratis.

“Niatnya untuk membantu warga yang kesulitan membeli paket data internet karena kuota internet yang terus digunakan pelajar tidak sedikit. Harganya pun cukup mahal,” ungkap Novra.

Menurut Novra, ide ini berawal ketika ia melihat berita tentang seorang bapak yang terpaksa mencuri ponsel agar anaknya bisa belajar secara daring, anak yang terpaksa bekerja atau bahkan menjual aset hanya untuk beli kuota.

“Kebetulan ada wifi di rumah, jadi dibagi untuk pelajar yang terkendala internet maupun tidak memiliki kuota. Dan ini baru di terapkan 1 minggu,” pungkasnya.