Keropos Akibatkan Ponton Intake Bocor

Proses penyempurnaan ponton baru masih dikerjakan. Kendati ponton tersebut sudah berada di permukaan air sungai Ogan. Foto: mustofa/oku ekspres. (*)

OKU – Ponton pompa intake di IPA Tanung Baru tidak mengapung sempurna karena miring ke salah satu sisi. Kondisi ini menandakan ada kebocoran di salah satu ruang di ponton tersebut.

Dirut PDAM OKU H Abi Kusno didampingi Kasi Produksi Masri Z mengatakan, kebocoran pada ponton tersebut disebabkan dinding ponton yang keropos. Hal ini diduga akibat tekanan air serta ponton yang sudah lama. “Meski kondisi ponton tidak normal, namun pompa intake masih mampu beroperasi,” ujar Masri, kemarin (10/8).

Ponton yang rusak tersebut, dikatakan Masri, tidak lama lagi akan diganti dengan yang baru. Bahkan, ponton yang sedang dibuat sudah rampung 70 persen.

“Estimasi waktu pengerjaan ponton 10 hari lagi. Mudah-mudahan tidak ada halangan, ponton baru siap difungsikan untuk mengganti ponton yang rusak,” ungkapnya.

Mengenai produksi air bersih berhenti saat debit sungai Ogan naik, Masri menjelaskan penghentian proses produksi hanya untuk memastikan pipa sedot air baku tidak menyedot sampah. “Dikhawatirkan bukan air yang keruh, tapi sampah yang hanyut bersama arus sungai,” jelasnya.

Menurut dia, saat debit sungai naik bukan hanya lumpur yang mengalir tapi juga sampah. Nah, jika sampah tersebut sampai tersedot pompamaka , produksi air tidak maksimal. Air baku yang disedot tidak maksimal karena pipa yang tersumbat sampah.

Jika insiden tersebut terjadi, sambung Masri, produksi air terganggu. Bahkan mesin pompa bisa terbakar. Kalau pompa terbakar, maka produksi air terganggu cukup lama karena harus mengganti mesin pompa baru.

“Di ponton sudah dipasang dua penyaring sampah. Tapi masih ada sampah yang lolos. Makanya saat debit air sungai naik, pompa dimatikan supaya sampah tidak tersedot,” tandasnya.

Pantauan siang kemarin di lokasi, ponton baru sudah berada di permukaan air. Beberapa pekerja terlihat masih menyempurnakan ponton pengganti. Sepertinya tiga ponton di IPA Tanjung Baru harus diganti. Sebab, ketiganya sudah miring.

“Pergantian ponton bakal dilakukan secara bertahap. Tapi untuk saat ini, ponton yang tengah dulu karena sudah rusak sangat parah,” tambah Asril HT, Kabag Teknik PDAM OKU.

Dijelaskan Asril, penggantian ponton dan peningkatan kapasitas pompa, selain untuk mengakomodir permintaan pelanggan, juga sebagai upaya antisipasi musim kemarau.

“Kapasitas pompa ditambah supaya produksi air baku tetap normal kendati debit air sungai sedang turun,” tandasnya. (stf)