PDAM Upgrade Pompa Intake

Petugas mengganti pompa intake sentrifugal 20 liter/detik ke pompa intake submersible kapasitas 30 liter/detik. Penggantian pompa diharapkan mampu meningkatkan produksi dan distribusi air bersih ke pelanggan PDAM OKU. Foto: Ist. (*)

OKU – Satu pompa intake Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Unit Tanjung Baru diganti. Pergantian pompa ini dilakukan untuk meningkatkan kapastitas (upgrade) produksi dan distribusi air bersih.

Penggantian pipa ini dilakukan pada 8 Agustus lalu hingga pukul 21.30 WIB. “, selesai dikerjakan dan sudah diuji coba pengoperasiannya, ” ujar Direktur PDAM OKU, H Abi Kusno didampingi Kasi Produksi, Masri Z, kemarin (9/8).

Penggantian pompa intake tersebut, dikatakan Masri, karena pelanggan di Karang Sari, Kemelak, dan RS Holindo kerap mengeluh kekurangan air bersih. Keluhan tersebut ditanggapi PDAM dengan mengganti dan menambah kapasitas pompa.

“Kapasitas pompa lama sentrifugal 20 liter/detik diganti dengan pompa submersible kapasitas 30 liter/detik,” jelasnya.

Dengan penggantian pompa ini, maka masih menyisakan satu pompa sentrifugal berkapasitas 20 liter/detik di IPA PDAM unit Tanjung Baru. “Sebelumnya pompa 20 liter/detik ada dua unit. Namun sekarang yang 20 liter/detik tinggal satu unit. Dua pompa lainnya berkapasitas 30 liter/detik. Semoga distribusi air bersih ke pelanggan bertambah,” harapnya.

Masri juga menjelaskan, meski beroperasi tiga pompa ditaksir mampu menyedot 80 liter/detik. Namun, air yang masuk ke pengolahan optimalnya hanya 65 liter/detik. Karena ada fakto-faktor yang mempengaruhi distribusi air baku ke pengolahan.

“Sama halnya dengan air bersih yang distribusikan ke pelanggan. Olahan air bersih 65 liter/detik, hanya optimal terdistribusi 50-60 liter/detik,” tandasnya. Penggantian pompa intake yang berlangsung hingga malam sempat ditinjau Direktur Utama PDAM OKU H Abi Kusno. (stf)