Sering Ditegur, Angkot Ditilang

Petugas Dishub OKU menilang angkot yang mangkal di belakang kantor Dinas Pariwisata OKU Pasar Baru. Foto: Ist. (*)

OKU – Satu angkutan kota (angkot) akhirnya ditindak tegas oleh petugas Dishub OKU, kemarin (6/8). Tilang ini terpaksa dilakukan petugas karena angkutan umum itu dinilai melanggar surat edaran yang telah disebar sebelumnya.

“Sebelum penindakan, surat edaran sudah disampaikan kepada sopir angkot dua minggu terakhir. Per 1 Agustus, petugas juga sudah menjelaskan kepada sopir akan ada penertiban,” ujar Kepala Dishub OKU Firmansyah melalui Kasi Angkutan Imam, kemarin (6/8).

Menurut dia, tindakan tegas dilakukan karena sopir angkot bandel. Teguran secara lisan hingga surat edaran sudah dilayangkan oleh petugas. Namun, tegas Imam, sopir tetap mengabaikan.

“Yang ditilang STNK saat angkot mangkal di terminal bayangan Pasar Baru. Sidangnya digelar pada 13 Agustus nanti,” imbuhnya.

Mangkal di terminal bayangan dan tidak masuk terminal melanggar pasal 276 UU 22/2009 Tentang Lalulintas Angkutan Jalan. Di pasal itu menyatakan, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor umum dalam trayek tidak singgah di terminal dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp250 ribu. “Mulai hari ini (kemarin) terminal mulai diisi kendaraan untuk menyesuaikan jadwal mangkal seperti kesepakatan sebelumna yang belum diubah,” tandas Imam. (stf)