Terpukau Keindahan Curup Napalan

Air terjun Napalan yang terletak di desa Merbau, kecamatan Lubuk Batang. Foto: Herli Yansah/oku ekspres. (*)

OKU – Mungkin tak banyak yang tahu di salah satu desa di perbatasan kecamatan Lubuk Batang menyimpan dua destinasi wisata berupa air terjun (curup). Kedua curup tersebut bernama curup Napalan dan curup Rusman yang berada di dusun 3 Talang Raden, desa Merbau, kecamatan Lubuk Batang.

Dua buah curup yang berjarak sekitar 2 km dari desa Merbau tersebut masih asri dan alami. Meski tak terlalu tinggi, namun keindahan curup tersebut tak kalah dibanding dengan keindahan curup yang ada di daerah lain di Kabupaten OKU.

Usai menghadiri pelantikan TP PKK desa di gedung serba guna kecamatan Lubuk Batang, kemarin (4/8), Heni Johan Anuar bersama anggota PKK OKU lainnya, Camat Lubuk Batang Helni Purnanengsih SE, beserta staf dan Kades Merbau Adiar Marelo menyempatkan diri berkunjung ke curup tersebut.

Dalam kunjungannya ke curup tersebut, istri Wakil Bupati OKU ini mengakui keindahan Curup Napalan. Menurutnya Curup Napalan sama dengan air terjun yang ada di Lampung yang juga memiliki pemandangan yang cukup indah.

“Namun, akses jlaan menuju curup ini yang perlu dikelola lalu. Sedangkan untuk keindahannya, curup ini cukup indah,” ujar wanita yang hobi berwisata ini.

Menurutnya, setiap ia mengunjungi daerah atau kecamatan di Kabupaten OKU, ia memang selalu bertanya mengenai destinasi wisata di wilayah tersebut. “Sayang jika di suatu daerah mempunyai destinasi wisata namun tidak diketahui masyarakat luas,” kata Heni.