Bidik Efisiensi Penggunaan Anggaran

Sekretaris Disdik OKU Alfarizi SE Ak menyematkan tanda peserta bimtek penyusunan laporan keuangan sekolah yang digelar Disdik OKU. Foto: Jeki/okuekspres. (*)

OKU – 528 kepala sekolah dan bendahara sekolah dari 264 sekolah mengikuti bimbingan teknis (bimtek) penyusunan laporan keuangan sekolah. Bimtek yang digelar di gedung serba guna Disdik OKU, kemarin (4/8) untuk mengimplementasi transaksi non tunai.

Kepala Disdik OKU H Teddy Meilwansyah S.STP MM melalui Sekretaris Disdik OKU Alfarizi SE Ak mengatakan, bimtek pengelolaan keuangan merupakan aspek penting untuk membangun tata kelola sekolah yang sehat dan kredibel.

“Sehingga sekolah mampu menyusun laporan keuangan dan mampu meningkatkan pengendalian internal sekolah,” ungkap Alfarizi.

Ia menambahkan, bimtek ini memberikan penguataan pengetahuan kepada kepala sekolah, bendahara, atau operator sekolah terhadap pengelolaan keuangan sekolah seperti penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Sehingga kepala sekolah, bendahara dan operator memiliki pemahaman yang cukup untuk mengelola keuangan sekolah. Semoga peserta bisa mendapatkan ilmu bermanfaat sehingga pengelolaan keuangan sekolah tidak menjadi masalah,” jelas Alfarizi.

Narasumber bimtek ini berasal dari BKAD. Sementara itu, ketua pelaksana bimtek Hj Asnilawati SE mengatakan, bimtek yang digelar selama sepekan ini dilaksanakan dua gelombang per hari. “Diharapkan penggunaan uang sekolah semakin efektif dan efisien, meningkatkan kemampuan dan pengelolaan keuangan sekolah secara transparan dan akuntabel, serta meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah,” jelas Asnilawati. (jr8)