Tumbuhkan Solidaritas Terhadap Sesama

Daging kurban yang siap dibagikan. Foto: Jeki/oku ekspres. (*)

OKU – Perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H yang jatuh pada 31 Juli, ditandai dengan salat Id dan pembagian daging kurban. Penyembelihan hewan kurban ini dalam rangka mengikuti sunah Nabi Ibrahim AS dan Rasulullah SAW, maka keluarga besar DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten OKU menyelenggarakan pemotongan hewan kurban.

Di tengah pandemi ini, DPD LDII OKU kurban sebanyak 46 ekor kambing dan sapi. Jumlah tersebut terdiri dari 27 ekor sapi dan 19 ekor kambing. Pemotongan hewan kurban ini digelar di beberapa kecamatan di kabupaten OKU. Antara lain Baturaja Timur, Baturaja Barat, Lubuk Batang, Peninjauan, dan kecamatan Lubuk Raja.

“Daging kurban dibagikan kepada warga yang berhak menerima dan warga terdekat pada pengajian LDII sebagai wujud kebersamaan, kerukunan, berbagi kasih, sedekah dan kurban. Kita kerjasama dengan masyarakat setempat yang ada pengajian LDII maupun masyarakat yang layak mendapatkan daging kurban,” jelas Ketua LDII OKU Sapto Surono Spd MM didampingi Sekretaris LDII OKU Dwi Joko Handoyo SH.

Penyembelihan hewan kurban ini merupakan agenda tahunan LDII. Meskipun saat ini Indonesia masih dilanda pandemi covid-19, kurban sebagai bentuk ketaatan kepada Allah dan menumbuhkan semangat solidaritas karena banyak warga yang berkurang pendapatannya terdampak pandemi.

“Penyembelihan hewan kurban ini sudah menjadi agenda rutin warga LDII dan menjalankan syariat atau aturan umat muslim untuk berkurban. Harapan saya kegiatan wajib bagi umat islam seperti ini kedepannya lebih ditingkatkan lagi,” ungkap Sapto.

Dalam Idul Adha, berbagai protokol kesehatan dipersiapkan sejak malam takbiran, salat Id, pemotongan hewan kurban, hingga distribusi daging hewan kurban. “Dan ini juga sebagai wujud kepedulian sosial kita kepada sesama umat muslim. Dengan berkurban secara total ini diharapkan akan meningkatkan ketakwaan warga LDII dan masyarakat,” tegasnya. (jr8/adv)