Semoga, OKU Maju dan Sejahtera Tercapai

Bupati OKU Drs H Kuryana Azis menyerahkan potongan nasi tumpeng kepada Ketua DPRD OKU Ir H Marjito Bachri ST pada peringatan HUT OKU yang ke – 110 di ruang paripurna DPRD OKU, kemarin (29/7). Foto: HERBERT P NAINGGOLAN/OKU EKSPRES. (*)

OKU – Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten OKU ke – 110, kemarin (29/7) terasa sangat istimewa. Pasalnya, melalui rapat paripurna Istimewa I di ruang paripurna DPRD OKU, peringatan HUT OKU ke – 110 tetap berlangsung dengan sakral kendati dilaksanakan secara virtual dan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, secara virtual, Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru SH MM, menyatakan, dirinya pada 15 Juli yang lalu bersama Gubernur se Indonesia diundang Presiden RI, Joko Widodo di Istana Bogor. Pada kesempatan itu, Presiden mengintruksikan untuk segera membelanjakan uang yang ada. Pasalnya, secara nasional ada Rp 170 T dana pemerintah daerah yang masih berada perbankan karena belum tersalurkan. “Untuk itu, kepada Bupati dan Wakil Bupati OKU untuk segera,” tukas Deru.

Diterangkan Gubernur, jika beberapa waktu lalu terjadi refocusing anggaran atau realokasi yang ternyata dalam refocusing dan realokasi itu terjadi lebih dan kurang maka segera terbitkan Peraturan Bupati yang baru. “Jika lebih kembalikan ke porsi awal tapi jika jika kurang harus refocusing pendanaan yang lain. Disinilah letak kita harus saling berkomunikasi,” tegas Deru.

Pelaksanaan ini, lanjut Deru, dilaksanakan dengan fleksibel. Jika terjadi kelebihan segera kembalikan melalui peraturan Bupati, jika kekurangan dari berbagai aspek pengendalian covid – 19 maka segera tambah dari realokasi dan refocusing lainnya. “Tapi ingat Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati, bahwa sebagai Kepala Daerah yang dipilih oleh rakyat bahwa bapak punya RPJMD,” ujar Deru.

Maka untuk itu, lanjut Deru, perlu dihitung dengan belanja semaksimal mungkin. “Saya yakin, bahwa Pak Kuryana dan Pak Johan adalah orang – orang yang kita ketahui sangat handal dalam pengelolaan keuangan di daerah. Maka belanjakan maksimum, dan Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan akan memantau dan memberikan perhatian terhadap Kabupaten OKU yang sama – sama kita cintai ini,” ucap Deru.