Satreskrim Tingkatkan Kemampuan Penyidik

PELATIHAN : Satreskrim Polres OKU Timur saat melakukan pelatihan para penyidik. FOTO : HUMASFOROKUTPOS. (*)

OKU TIMUR – Untuk meningkatkan kemampuan penyidik dalam penanganan kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Bumi Sebiduk Sehaluan.  Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres OKU Timur melakukan pelatihan untuk para penyidik.

Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya SH Sik melalui Kasat Reskrim AKP M Ikang Ade Putra SH SIK MH didampingi Kasubag Humas Iptu Yuli mengatakan, kegiatan latihan kemampuan Lidik dan Sidik kasus Karhutla dan Anev giat pers Rekrim lapangan Tim SW.

“Kegiatan diisi dengan latihan kemampuan Lidik dan Sidik kemampuan Karhutla yang dilaksanakan, pemaparan cb lidik,sidik penangan Karhutla, penanganan TKP Lidik,Sidik penanganan Karhutla,” katanya.

Untuk itu mengantisipasi Karhutla pihaknya  menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Bumi Sebiduk Sehaluan untuk menstop  pembakar hutan, perkebunan dan lahan karena bisa merusak lingkungan hidup dan ekosistem dan juga gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh asap

“Sesuai dengan pasal 108 undang – undang republik indonesia nomer 39, tahun 2014 menyebutkan pembakaran hutan dan lahan merupakan tindak kejahatan. Pelaku dapat terancam 10 tahun atau denda Rp10 miliar,” tegasnya.

Untuk itu kata Kasat, mari bersama menjaga lingkungan hidup dan  ekosistem dari terjadinya bencana alam, longsor ataupun banjir.   Himbauan ini  lanjut Kasat, dilaksanakan dengan  tujuan untuk menyegarkan kembali ingatan kepada masyarakat akan larangan untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan baik saat membuat kebun atau dalam kegiatan apapun. Karena asap yang ditimbulkan akibat pembakaran tersebut dalam berakibat merusak lingkungan dan mengganggu kesehatan.

“Harapan kita masyarakat memahami dan mengetahui konsekuensi dari larangan membakar hutan dan lahan tersebut. Selain itu masyarakat juga diharapkan dapat menerapkannya didalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Selain itu, Satreskrim  juga dilaksanakan Anev pers Tim SW, Anev kejadian menonjol dan 3C di wilayah Polres OKU Timur. Antisipasi pelaku yg keluar dari rutan selesai jalani hikuman. Kegiatan dilaksanakan di ruang Pidum.

“Kita menggelar kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan personil kita,” pungkasnya. (clau)